Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2023, 06:06 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Pharmeasy

KOMPAS.com - Wajah glowing yang sehat seringkali menjadi impian bagi banyak orang. Di tengah beragam produk kecantikan yang bertebaran di pasaran, terdapat rahasia kecantikan alami dari aloe vera atau tanaman lidah buaya.

Gel aloe vera memiliki berbagai manfaat untuk wajah, kulit, dan rambut. Salah satunya adalah kandungan enzim bradikinase yang dapat menekan tanda-tanda peradangan pada kulit, seperti kemerahan, bengkak, nyeri, dan panas.

Manfaat aloe vera

  • Membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari

Gel aloe vera adalah solusi alami untuk kulit yang terbakar matahari karena memiliki sifat mendinginkan dan anti-inflamasi.

Mengoleskan gel ini membantu dengan lapisan pelindung untuk kulit, dan juga membantu mempertahankan kelembaban dan mempercepat proses penyembuhan berkat kandungan antioksidan dan mineralnya.

Dengan aloe vera, kita juga dapat dengan mudah menjaga kesehatan kulit selama musim panas.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit agar Wajah Tetap Glowing

  • Membantu melembabkan kulit

Tidak seperti pelembab biasa yang dibeli di pasaran, gel aloe vera ketika digunakan sebagai gel pelembab tidak meninggalkan lapisan berminyak pada wajah dan kulit.

Selain itu, gel aloe vera ini juga bisa digunakan sebagai perawatan setelah mencukur. Ini akan membantu menyembuhkan luka bakar pisau cukur, torehan, dan luka kecil, sambil menjaga kulit tetap terhidrasi.

Penelitian terkini juga menunjukkan bahwa senyawa alprogen dalam lidah buaya efektif melawan alergi kulit, memberikan manfaat tambahan pada perawatan kulit.

  • Meningkatkan penyembuhan luka

Aloe vera telah terbukti sangat bermanfaat dalam menyembuhkan luka bakar, sayatan, dan luka lainnya dengan meningkatkan proses penyembuhan, terutama pada luka bakar tingkat 1 dan 2.

Selain menjadi perawatan luka bakar kulit yang efektif, lidah buaya juga mempercepat reproduksi sel kulit hingga delapan kali lipat. Keunggulannya juga terletak pada kemampuannya menembus epidermis, lapisan luar kulit, lebih cepat daripada air.

  • Melawan penuaan kulit

Gel aloe vera tidak hanya dianggap sebagai pembersih kulit yang efektif berkat tindakan antiseptiknya, tetapi juga kaya akan zat-zat seperti sabun dan saponin yang memiliki sifat antiseptik yang efektif.

Kandungan vitamin C, E, dan beta-karoten dalam gel ini membuatnya menjadi agen anti-penuaan yang kuat.

Dengan sifat antimikroba dan anti-inflamasi, gel lidah buaya juga membantu menghilangkan noda-noda pada kulit dan mengurangi garis-garis penuaan. Tidak hanya itu, gel ini juga berperan dalam meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

Baca juga: 12 Makanan yang Bisa Bikin Wajah Glowing

  • Mengurangi infeksi dan jerawat

Bagi mereka yang mengalami jerawat, aloe vera menjadi penolong yang efektif. Dengan kemampuan pembersihan yang lembut dan sifat antimikroba, lidah buaya mampu mengatasi jerawat tanpa merusak kulit.

Sebagai antiseptik, lidah buaya memberikan perlindungan terhadap bakteri penyebab jerawat. Kandungan polisakarida dan giberelin dalam lidah buaya membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru, sambil mengurangi peradangan dan kemerahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com