Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Mencintai Diri Sendiri itu Penting dan Bagaimana Melakukannya?

Kompas.com - 10/02/2024, 17:40 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Mungkin tidak ada perasaan yang lebih besar dari cinta. Ketika kamu merasa dihargai, dihormati, dan didukung, ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Rasa cinta tidak hanya didapatkan dari pasangan, tapi juga dari keluarga, kerabat, sahabat, dan orang-orang lain, bahkan hewan peliharaan.

Rasa dicintai yang suportif dapat memberdayakan kita untuk menjalani hidup atau petualangan baru yang menarik, dan menerima hal-hal baik yang terjadi di sekitar kita. 

Namun seberapa sering kita merenung dan memikirkan cara-cara yang seharusnya kita lakukan untuk mencintai diri kita sendiri?

Baca juga: Mengapa Begitu Sulit Mencintai Diri?

Psikoterapis Natacha Duke, MA, RP, menjelaskan bagaimana cinta diri dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik, sekaligus cara-cara sederhana untuk mempraktikkan cinta diri setiap hari.

Apa itu cinta diri?

Mencintai diri sendiri” mungkin memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang, bergantung pada situasi mereka dan apa yang paling mereka butuhkan saat itu. 

Duke mengatakan bahwa ketika kita berbicara tentang cinta diri, kita sering mengacu pada merangkul dan menjunjung tinggi konsep psikologis seperti harga diri, nilai diri, kepercayaan diri, dan perasaan diri. 

Namun pada akhirnya, cinta diri kerap berakhir pada rasa kasihan pada diri sendiri. Padahal cinta diri seharusnya berorientasi pada hal-hal atau usaha-usaha untuk buat diri kita bahagia.

Saat mempraktikkan cinta diri, alih-alih mengkritik diri, menyesal, merasa malu atau bersalah, atau menghindari emosi yang tidak nyaman, kita mustinya memilih untuk fokus pada hal sebaliknya. 

Kita seharusnya menghormati emosi yang kita rasakan, bahkan emosi yang tidak nyaman. Kita melakukan aktivitas yang menenangkan diri, dan mendukung diri sendiri dengan kesadaran bahwa semua masa sulit akan berlalu. Hasilnya, kita akan menyadari bahwa kamu bukanlah musuh dirimu sendiri, melainkan sahabat.

“Mencintai diri sendiri adalah tentang mengganti kritik batin yang keras dengan suara yang lembut dan penuh kasih sayang,” Duke menegaskan. “Kemampuan untuk mempraktikkan belas kasih pada diri sendiri adalah cara yang sangat baik untuk mendefinisikan cinta diri.”

Bagaimana mempraktikkan cinta diri

“Menyayangi diri sendiri adalah sesuatu yang dapat kita pelajari, dan semakin kita mempraktikkan tindakan menyayangi diri sendiri, aktivitas ini akan semakin kuat dalam kehidupan sehari-hari,” kata Duke.

Berikut adalah beberapa tip bermanfaat untuk menjadikan rasa sayang dan cinta diri sebagai bagian dari rutinitas harian kita.

Terima perasaanmu sendiri

“Dengan orang lain, kita cenderung lebih pemaaf dibandingkan dengan diri kita sendiri,” kata Duke. “Cobalah menerima hal-hal yang kamu sukai tentang dirimu dan hal-hal yang tidak kamu sukai secara bersamaan.”

Artinya, jika merasa kesepian, tidak apa-apa untuk mengakui kesepianmu. Jika sedang berduka, tidak apa-apa untuk diam saja sampai siap untuk melangkah maju. Jika marah karena tidak melakukan perubahan yang ingin kamu lakukan, kemarahan itu juga wajar. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com