Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2024, 11:58 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Aplikasi kencan online telah menjadi salah satu cara yang populer untuk bertemu dengan orang baru dan membangun hubungan.

Meskipun banyak pengguna menemukan kesuksesan dalam mencari pasangan melalui platform-platform ini, namun penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang kita temui di dunia maya adalah apa yang mereka klaim.

"Percayalah pada nalurimu," kata Kayla Crane, LMFT, seorang terapis pernikahan dan keluarga dan pemilik South Denver Therapy.

"Jika ada sesuatu yang terasa aneh pada sebuah profil, ada baiknya kamu mempertimbangkan mengapa kamu merasakan itu. Komunikasi dan kejujuran adalah fondasi dari setiap hubungan, dan hal ini harus terlihat sejak awal, bahkan dalam profil kencan."

Baca juga: 11 “Red Flag” yang Wajib Diwaspadai Saat Kencan Pertama

Red flag di aplikasi kencan

Ingin tahu fitur profil mana yang menjadi tanda bahaya? Simak tanda bahaya pada fitur profil kencan online yang dilansir dari Best Life menurut para ahli berikut!

1. Bahasa yang agresif dan negatif

Saat kamu membaca profil kencan online, penting untuk memperhatikan tidak hanya kata-kata yang ada di halaman tersebut, tetapi juga gaya bahasa yang digunakan.

"Perhatikan bahasa yang bernada agresif atau bahasa yang terlalu menuntut - misalnya daftar panjang yang harus dimiliki calon pasangan atau kesepakatan yang harus dilakukan," kata Crane.

"Hal ini dapat mengindikasikan kepribadian yang suka mengontrol, ekspektasi yang tidak realistis, atau ketidakmampuan untuk berkompromi, yang tidak kondusif untuk hubungan yang sehat."

2. Tampak terlalu indah untuk menjadi kenyataan

Crane menyarankan bahwa jika seseorang menampilkan diri mereka secara otentik di profil kencan mereka, kamu seharusnya bisa melihat beberapa hal kecil yang menyatakan mereka sebagai diri mereka sendiri.

"Jika sebuah profil tampak terlalu dipoles atau tampaknya terlalu sempurna, berhati-hatilah. Meskipun bisa jadi itu adalah profil yang dibuat dengan jujur, ini juga bisa menjadi tanda seseorang yang mencari mangsa. Catfishing bisa saja terjadi," Crane memperingatkan.

3. Terlalu menekankan penampilan fisik

Ketertarikan fisik tidak diragukan lagi memainkan peran dalam kencan-terutama pada tahap awal. Namun, jika kamu mendapati profil seseorang hanya menekankan pada penampilan fisiknya, ini bisa menjadi tanda bahaya bahwa itu adalah satu-satunya daya tariknya.

"Profil yang berfokus terutama pada ciri fisik dapat mengindikasikan kedangkalan atau ketidakmampuan untuk terlibat dalam hubungan emosional yang lebih dalam," jelas Judith Zackson, PhD, seorang psikolog dan pendiri Greenwich Psychology.

Baca juga: Arti Red Flag, Berbagai Tanda Bahaya dalam Hubungan yang Bisa Dikenali

couple couple

4. Pernyataan “no drama”

Rod Mitchell, MC, MSc, seorang psikolog dan pemilik Therapy Calgary Emotions Clinic, mengatakan bahwa profil yang menekankan "no drama" secara ironis justru dapat menandakan kecenderungan untuk situasi yang dramatis.

"Misalnya, jika sebuah profil menyatakan, 'Lelah dengan drama dan permainan,' itu mungkin mengindikasikan keterlibatan berulang orang tersebut dalam hubungan yang penuh gejolak," jelasnya.

5. Profil yang kurang detail

Jika kamu merasa bahwa profil seseorang kurang detail, ini bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com