Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Skincare untuk Penderita Eksim, Apa yang Harus Diperhatikan?

Kompas.com - 13/02/2024, 10:03 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Jika kamu menderita eksim, kamu mungkin sudah tahu bahwa pelembab adalah kunci untuk mengatasi agar penyakit di kulit ini tidak kambuh.

Namun dengan banyaknya produk perawatan kulit yang tersedia, bagaimana kita tahu mana yang paling cocok untuk mengatasi kulit kering dan gatal eksim? Apa yang bisa memperburuk keadaan? Dan selain rutin mengoleskan pelembap, apa lagi yang bisa kita lakukan untuk merawat kulit?

“Beberapa orang menganggap merawat kulit hanya bergantung pada produk dan bahan apa yang digunakan, padahal itu hanya sebagian saja,” kata dokter kulit Kathryn Anderson, MD dikutip Cleveland Clinic. 

“Saat Anda menderita eksim, penting juga untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang membantu mengunci kelembapan dan menjaga pelindung kulit tetap terhidrasi.”

Baca juga: Tips Memilih Pelembap Terbaik untuk Kulit Eksim

Produk untuk kulit rentan eksim

Produk yang kita gunakan dan cara kita menggunakannya dapat membantu mencegah timbulnya eksim. Selain itu kita juga harus rutin melakukan perawatan untuk meminimalkan efek bila eksim tetap muncul walau sudah dicegah.

Namun beberapa produk perawatan kulit bisa berharga mahal. Dan siapa yang tahu apakah mereka benar-benar manjur?

“Bagaimana kulit kita bereaksi terhadap produk dan bahan yang berbeda dapat bervariasi dari orang ke orang. Jadi, saya selalu menyarankan pasien eksim untuk menanyakan produk perawatan kulitnya ke dokter kulit,” saran Dr. Anderson.

Namun secara umum, beberapa produk dan bahan kemungkinan besar dapat membantu mengatasi eksim. Apa saja itu?

Pembersih

Saat kamu berbelanja sabun cuci muka, sabun mandi, atau sabun tangan, pilihan terbaik adalah mencari produk yang lembut. Dan pilihlah sabun cair daripada sabun batangan.

“Sabun batangan biasanya mengandung senyawa kimia yang lebih tinggi yang disebut surfaktan, yang sangat bagus dalam menghilangkan kotoran, tetapi juga terlalu kuat dalam menghilangkan kelembapan dan minyak dari kulit, yang dapat memperburuk eksim,” jelas Dr. Anderson.

Meski demikian terkadang sulit untuk mengetahui mana produk yang lembut dan apa kandungannya. Karenanya, saat memilih sabun pembersih, carilah kata-kata seperti:

  • Lembut.
  • Tanpa pengharum.
  • Kulit sensitif.
  • Hipoalergenik.
  • Bebas sabun.
  • Melembabkan.
  • Kulit kering.

Baca juga: Penyebab Eksim Sering Kambuh dan Cara Mengatasinya

Pelembab

Melembabkan adalah bagian penting dari perawatan kulit bagi penderita eksim. Dan menggunakan pelembab yang tepat dapat membantu menghidrasi kulit untuk mencegah timbulnya gatal dan kering.

Produk pelembap yang ada di pasaran banyak sekali, tetapi untuk mengatasi eksim, kita sebaiknya menggunakan krim atau salep, bukan losion.

“Losion memiliki kandungan air yang lebih tinggi dan kandungan minyak yang lebih rendah. Jadi, produk ini biasanya tidak cukup menghidrasi. Kandungan minyak yang rendah membuatnya tidak bisa mengunci kelembapan,” jelas Dr. Anderson. 

“Dibandingkan salep, losion mungkin memiliki lebih banyak bahan pengawet untuk meningkatkan umur simpannya. Pengawet tersebut dapat menyebabkan luka bakar pada kulit yang rentan terhadap eksim.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com