Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Cek 3 Hal Ini Saat Beli Buket Bunga Online

Kompas.com - 13/02/2024, 15:06 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buket bunga biasanya dijadikan hadiah atau bingkisan kepada kekasih untuk menciptakan suasana romantis di momen-momen spesial, seperti hari Valentine.

Selain dibeli secara langsung, kini juga sudah banyak pula toko-toko bunga online yang bermunculan di internet. Mulai dari di laman marketplace hingga media sosial.

Baca juga:

Dalam membeli bunga secara online, penting untuk memerhatikan beberapa hal agar bunga yang dipesan sesuai ekspektasi pembelinya.

Berikut tiga hal yang harus diperhatikan pembeli bunga secara online, menurut pemilik toko bunga online Flower Story Co. (@flowerstory_co), Stella Valentina.

3 hal penting saat beli bunga online

1. Review toko bunga

Pemilik toko bunga online Flower Story Co., Stella Valentina (31)Dok. Pribadi Stella Valentina Pemilik toko bunga online Flower Story Co., Stella Valentina (31)

Pilihlah toko bunga online yang bereputasi baik. Dalam hal ini para calon pembeli bisa mengeceknya melalui review dan portofolio dari toko bunga online. 

Informasi mengenai florist online dapat dicari dari konsumen yang pernah membeli atau mengetahui toko bunga online tersebut. 

“Cek portofolio produk sebelumnya yang sudah pernah dibuat (oleh florist), cek juga review-review dari customer sebelumnya,” ujar Stella kepada Kompas.com, Jumat (2/2/2024). 

Baca juga: 3 Tips Memilih Buket Bunga untuk Pacar, Bisa untuk Hari Valentine

Menurut Stella, semakin baik reputasinya, akan semakin baik dan cepat juga pelayanan yang didapat oleh pelanggan. 

Selain bertanya pada orang lain, ulasan ini juga bisa kita cek dari laman-laman media sosial dan kolom komentar toko di situs marketplace.

2. Ukuran dan jenis bunga

Salah satu buket bunga mawar yang dijual Flower Story Co. Instagram.com/flowerstory_co Salah satu buket bunga mawar yang dijual Flower Story Co.

Memilih desain dan jenis bunga biasanya menjadi bagian paling tricky bagi para konsumen.

Sebab, terkadang ekspektasi desain bunga tidak sesuai keinginan pelanggan, terutama jika jenis bunganya diganti.  

Oleh sebab itu, Stella menyarankan agar para pelanggan memastikan terlebih dahulu ketersediaan jenis bunga yang akan dipesan. 

“Konsultasikan bunga yang diminta ke florist, pastikan semua jenis bunga yang diminta sedang available (tersedia) stoknya. Selain itu, ekspektasi ukuran sama produk aslinya berbeda,” jelas perempuan berusia 31 tahun itu. 

Baca juga: Biar Makin Romantis, Berikut 3 Rekomendasi Valentine Date Bersama Pasangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com