Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2024, 16:16 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CBS News

KOMPAS.com- Lari bukan hanya sekadar olahraga, tapi juga gaya hidup yang membawa manfaat kesehatan yang tak ternilai. Bagi pemula, memulai olahraga lari bisa menjadi langkah awal menuju kebugaran fisik yang lebih baik.

Namun, sebelum kamu mengikat tali sepatu dan memulai lari, ada satu aspek penting yang tak boleh diabaikan: pemilihan sepatu lari yang tepat.

Tidak bisa dipungkiri, memilih sepatu lari yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik kaki kamu adalah langkah awal yang krusial untuk mencegah cedera dan meningkatkan kenyamanan saat berlari.

Sepasang sepatu lari yang bagus dan pas tidak hanya akan membantu kamu merasa lebih gaya, tetapi juga akan membantu mengurangi risiko ketidaknyamanan atau bahkan cedera.

Sebagian dari cedera lari paling umum yang dapat timbul akibat alas kaki yang tidak tepat antara lain: plantar fasciitis, keseleo pergelangan kaki, keseleo tulang kering, nyeri (pinggul, lutut, atau pergelangan kaki), masalah punggung, dan ketidakseimbangan," ujar Andrew Blakey, personal trainer dan direktur Your Future Fitness, dilansir dari CBS News.

Baca juga: Perhatikan, Cara Memilih Sepatu Lari yang Tepat

"Daftarnya terus bertambah, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk memastikan memilih model sepatu yang sesuai untuk mekanisme tubuh," lanjut Blakey.

Tips untuk pemula membeli sepatu lari 

1. Pilih sepatu dengan ukuran pas

Ilustrasi sepatu lariMina3686 Ilustrasi sepatu lari
"Sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar tidak akan memberikan dukungan dan kenyamanan yang memadai," kata Alvarez.

"Sepatu yang terlalu kecil bisa menyebabkan lecet, kapalan, dan cedera kaki lainnya. Sebaliknya, sepatu yang terlalu besar mungkin tidak memiliki stabilitas dan bantalan yang diperlukan."

Ada berbagai cara menentukan ukuran sepatu yang pas. Beberapa merek menyarankan agar membeli sepatu lari yang saat dipakai bisa menahan tumitmu tidak terangkat keluar dari sepatu, namun juga tidak terlalu ketat menghimpitnya.

Sepatu yang ukurannya tepat untuk lari biasanya masih memiliki sedikit ruang untuk kita bisa memasukkan jari di bagian belakang.

Pastikan mencoba sepatu lari di sore hari saat kaki kita mengembang setelah seharian berjalan. Hal ini untuk menghindarkan membeli sepatu yang terlalu kecil.

Selin itu, carilah sesuatu yang menjanjikan kenyamanan. Detail seperti bagian atas jala yang menambah sirkulasi udara, selain menyesuaikan dengan bentuk kaki Anda, juga bagus untuk dilihat.

2. Pikirkan tentang medan

Ilustrasi lari lintas alamThomas Northcut Ilustrasi lari lintas alam
Hal yang menarik dari lari sebagai olahraga adalah kamu bisa melakukannya di mana saja.

"Medan yang berbeda membutuhkan jenis sepatu yang berbeda pula," kata Dr. Gregory Alvarez, ahli penyakit kaki di Ankle and Foot Centers of America.

"Jika kamu berencana untuk berlari di jalan atau jalan setapak dengan permukaan yang tidak rata, carilah sepatu dengan sol karet yang memberikan cengkeraman yang baik. Jika kamu seorang pelari trail yang rajin, carilah sepatu yang dirancang khusus untuk lari off-road," kata Alvarez.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com