Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 11:09 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Urutan pemakaian skincare atau perawatan kulit perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal. Namun, tidak dipungkiri masih banyak pengguna yang bingung bagaimana urutan skincare.

Termasuk, pakai essence atau serum dulu? Bagi pengguna skincare, kedua produk tersebut tentunya sudah tidak asing lagi. 

Baca juga:

Agar tidak bingung pakai essence atau serum dulu, simak ulasannya berikut ini dilansir dari Healthline dan Style Craze. 

Apa beda essence dan serum? 

Ilustrasi penggunaan serum wajah yang tepatDok. Shutterstock/Auttapol Tatiyarat Ilustrasi penggunaan serum wajah yang tepat

Essence merupakan produk skincare yang berfungsi untuk menghidrasi dan melembapkan kulit muka. Saat memakai essence, kamu akan merasakan bahwa kulit muka terhidrasi secara menyeluruh. 

Selain menghidrasi dan melembapkan kulit muka, fungsi utama essence yakni membantu penyerapan produk skincare selanjutnya, sehingga hasilnya maksimal. 

Sementara itu, serum berfungsi untuk mengatasi permasalahan kulit wajah secara lebih spesifik dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Serum mengandung bahan-bahan aktif yang sesuai dengan fungsinya. 

Misalnya, serum dengan kandungan hyaluronic acid berfungsi mengatasi kulit kering, serum vitamin C untuk mencerahkan warna kulit, dan sebagainya. 

Baca juga:

Baik essence maupun serum, terbuat dari air dan campuran bahan-bahan aktif dengan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan produk skincare lain. Meskipun berbahan dasar air, namun konsistensi atau tekstur essence lebih cair dan ringan ketimbang serum. 

Sedangkan, serum dapat berbentuk gel, cairan kental, dan cairan ringan, bahkan sebagian serum juga terasa sedikit berminyak pada awal pemakaian. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com