Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nagita Slavina Beberkan 3 Cara Atur Pola Makan Rafathar-Rayyanza

Kompas.com - 20/02/2024, 10:07 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan gizi anak agar selalu terpenuhi setiap hari bukanlah perkara yang mudah. Hal ini juga dialami oleh aktris Nagita Slavina, karena dirinya memiliki kesibukan di luar menjadi ibu bagi kedua anaknya, Rafathar dan Rayyanza. 

Sebagai ibu yang memprioritaskan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan nutrisi anak, Nagita Slavina pun punya cara tersendiri untuk memastikan anak-anaknya, terutama anak keduanya yakni Rayyanza, mengonsumsi makanan bergizi seimbang. 

“Aku memang kalau soal makanan agak bawel, jadi aku selalu ngecek di rumah makanan anak sudah cukup atau belum (nutrisinya),” ujar Nagita dalam acara press conference peluncuran susu HealthyWay Kids, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). 

Dalam kesempatan ini, Nagita pun membeberkan tiga cara dirinya mengatur pola makan kedua anaknya agar selalu terpenuhi gizi seimbangnya. Apa saja?

Baca juga: Selain Orangtua, Sekolah Juga Punya Peran Edukasi pada Pola Makan Anak

Baca juga: Intip Keseruan Nagita Slavina Ajak Cipung Kunjungi Peternakan Sapi

Cara Nagita Slavina atur pola makan Rafathar dan Rayyanza

1. Memantau setiap menu yang dikonsumsi

Nagita Slavina selaku brand ambassador susu formula anak HealthyWay Kids.KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Nagita Slavina selaku brand ambassador susu formula anak HealthyWay Kids.

Nagita mengatakan, dirinya sudah membiasakan anak-anaknya menerapkan kedisiplinan, terutama soal makanan. 

Sehingga, kedua anaknya harus selalu melaporkan apa yang akan ataupun sudah dimakan. 

“Biasanya mereka tuh selalu laporan ke aku kalau mau makan apa pun. Meskipun aku nggak ada di rumah, tapi sekarang kan bisa video call tuh, ya mereka pasti video call dulu dan ngomong mau makan apa untuk minta izin ke aku boleh atau enggaknya,” kata Nagita. 

Selain itu, Nagita juga mengatakan, bahwa dirinya selalu memastikan makanan apa saja yang sudah dikonsumsi anak-anaknya setiap hari. 

“Aku juga selalu nanyain ke mbak-nya (Asisten Rumah Tangga) Rafathar sama Rayyanza, mereka udah makan apa aja hari ini, kalau ada yang dirasa kurang proporsinya, aku pasti request untuk tambahin lagi,” tambahnya. 

Baca juga: Yang Harus Diperhatikan agar Gizi Anak Terpenuhi

2. Memperbanyak protein

Tak hanya memantau dan memastikan makanan apa saja yang dikonsumsi Rafathar dan Rayyanza, Nagita juga memastikan anak-anaknya mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. 

“Kita di rumah itu lebih mengutamakan protein sih dibanding karbohidrat. Jadi, aku mau anak aku makanannya lebih banyak proteinnya dibanding karbo,” ujar perempuan yang akrab disapa Gigi itu. 

Gigi pun mengatakan sumber protein yang biasa dikonsumsi itu dari daging-dagingan, seperti daging ayam, ikan, ataupun sapi. 

3. Memastikan sudah minum susu formula

Gigi mengaku, kedua anaknya termasuk sebagai anak yang picky eater, jadi cenderung memilih-milih makanan yang dikonsumsi. 

Salah satu trik yang ia gunakan untuk mengakali hal tersebut adalah dengan memastikan anak sudah mengonsumsi susu setiap hari. 

“Susu itu kan penting banget ya sebagai komplementer gizi mereka, dan Alhamdulillah mereka berdua ini emang suka susu. Paling ya biar enggak bosan, susunya aku olah jadi puding, atau es krim,” jelas Gigi. 

Meski demikian, Gigi pun mengatkan bahwa sebagai orangtua tak boleh membiarkan anak untuk terlalu sering minum susu. 

“Apa pun yang berlebihan kan enggak baik ya, diusahakan semuanya seimbang, dari makanannya terutama,” pungkasnya.

Baca juga: Panduan Mengatur Pola Makan Anak Obesitas

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com