Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Buku bagi Pembaca Pemula di Post Bookshop Pasar Santa

Kompas.com - 20/02/2024, 13:58 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Post Bookshop atau Post Santa merupakan toko buku yang terletak di Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Didirikan oleh suami istri oleh suami istri Teddy W Kusuma dan Maesy Angelina pada 2014 lalu, toko buku ini menjual beragam buku dari penerbit kecil atau indepeden, sehingga tak jarang kita akan menemukan buku-buku yang unik dan bahkan langka.

"Buku-bukunya (yang berbahasa Indonesia maupun Inggris) memang diambil dari penerbit kecil lokal atau independent publisher," kata Bookshop Keeper bernama Shinta, saat ditemui Kompas.com, Jumat (16/2/2024).

Karena buku-bukunya dari penerbit independen, Shinta menerangkan bahwa tidak banyak buku best seller yang bisa ditemukan.

Baca juga: 4 Kiat Menumbuhkan Minat Membaca Buku

"Rata-rata kalau yang non-fiksi lebih membahas soal isu sosial," jelas dia.

Buku-buku di Post Bookshop Pasar Santa yang beragam dari fiksi sampai non-fiksi, Jumat (16/2/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Buku-buku di Post Bookshop Pasar Santa yang beragam dari fiksi sampai non-fiksi, Jumat (16/2/2024).

Rekomendasi buku bagi pemula

Dinamakan "Post" sebenarnya toko buku kecil ini memiliki makna tersendiri.

Menurut Shinta, Post Bookshop hadir menjadi "pos kamling" para pencinta buku, atau tempat berkumpulnya orang-orang yang suka membaca buku.

Meskipun buku-buku yang ditawarkan terbilang unik dan langka, namun ada beberapa buku yang cocok dibaca oleh pembaca pemula:

1. Shorts stories

Shinta mengatakan, di Post Bookshop ada buku-buku yang ringan seperti shorts stories untuk para pembaca pemula.

"Di sini kami approach-nya ke pengunjung, mereka tuh suka baca buku yang seperti apa," ungkap Shinta.

"Tapi kalau untuk pemula sih kami merekomendasikan buku yang ringan, misalnya shorts stories, karena enggak perlu dibaca sampai habis jadi bisa ditaruh dulu," jelas dia.

2. Novel

Novel juga bisa menjadi permulaan yang bagus untuk orang-orang mulai membaca. Di Post Bookshop, pengunjung dapat memilih berbagai novel, baik yang berbahasa Indonesia atau Inggris.

Shinta pun merekomekomendasikan untuk pemula membaca dari novel-novel yang ceritanya juga tidak membuat kita bosan.

3. Buku cerita yang lucu dan menyentuh hati

Terakhir, Shinta menyarankan pemula untuk memilih buku cerita dengan tema-tema yang lucu dan menyentuh hati.

"Buat yang baru mau mulai membaca kami sarankan untuk membaca kisah-kisah yang lucu dan heartwarming. Kalau yang terlalu berat bisa intimidating," imbuhnya.

Adapun kisaran harga buku di Post Bookshop berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 200.000 untuk yang berbahasa Indonesia. Sementara buku bahasa Inggris dihargai mulai dari Rp 200.000 sampai dengan Rp 3,5 juta.

Baca juga: 6 Cara Membangun Kebiasaan Membaca Buku, Pilih Topik Favorit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com