Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Harry Potter Langka Laku Dilelang Rp 205 Juta

Kompas.com - 14/07/2023, 18:44 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Buku Harry Potter pertama yang diterbitkan pada tahun 1997 dilelang dan laku terjual Rp 205 juta di Lichfield, Inggris.

Buku yang bertajuk "Harry Potter and the Philosopher's Stone" itu merupakan edisi pertama karangan J.K. Rowling dan dulunya cuma seharga Rp 588 ribu.

Pada awalnya, buku tersebut dibeli oleh seorang kolektor asal Staffordshire yang sudah meninggal secara tak terduga di usia 55 tahun pada awal 2023.

Baca juga: Deretan Bintang yang Tak Ikut Acara Reuni Harry Potter, Siapa Saja? 

Pihak keluarganya mengatakan, mereka tahu pria itu punya buku novel fantasi Harry Potter yang langka tapi mengira kalau bukunya sudah hilang.

Pasalnya saat mereka pindah rumah sejak empat tahun lalu, semua peninggalan buku miliknya disimpan dalam kotak yang berisi banyak koleksi buku-buku lain.

"Kami tahu bahwa dia memiliki buku itu, tetapi jika ada yang mencarinya, kami rasa kami tidak akan menemukannya," kata saudara perempuan pria tersebut, seperti dilansir BBC.

Dia menambahkan bahwa saudara laki-lakinya memang seorang pecinta buku, tetapi pria itu juga kerap menjual buku-buku koleksinya sejak masih sekolah.

Baca juga: Edisi Pertama Buku Harry Potter and the Philosophers Stone Terjual Rp 6,7 Miliar 

Ilustrasi buku Harry PotterBBC / RICHARD WINTERTON AUCTIONEERS Ilustrasi buku Harry Potter

Pihak pelelangan yang mencari data kolektor buku langka akhirnya menemukan data dan mengunjungi keluarga tersebut untuk mencari buku yang kini sudah sangat langka itu.

Kemudian buku Harry Potter akhirnya ditemukan setelah tim dari Richard Winterton Auctioneers (juru pelelang) memeriksa barang-barangnya.

Buku yang diterbitkan sejak 16 tahun lalu itu adalah salah satu dari 300 eksemplar yang dikirim ke perpustakaan dan dibeli dari Perpustakaan Wolverhampton.

Bagian dalam sampul buku Harry Potter masih terdapat tanda pengenal perpustakaan, stiker punggung dengan huruf J, stempel penarikan berikutnya dan label harga yang tertera 30 Pound Sterling atau Rp 558 ribu.

Setelah dilelang, buku tersebut kini sudah dimiliki oleh kolektor lain yang berasal dari Los Angeles, AS seharga Rp 205 juta.

"Kami benar-benar senang dengan hasil ini," kata pihak dari juru lelang dari juru lelang Richard Winterton.

Sebelumnya di beberapa negara lain juga sempat ada beberapa novel Harry Potter edisi pertama yang dijual di sejumlah pusat lelang dengan harga yang fantastis.

Baca juga: Rayakan 20 Tahun, Pemeran Harry Potter Bakal Reuni Bersama 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com