Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen Z, Jangan Lupa 3 Hal Ini Saat Akan Masuk Dunia Kerja

Kompas.com - 24/02/2024, 07:06 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Topik Generasi Z atau Gen Z kerap menjadi perbincangan hangat.

Banyak yang mengatakan bahwa Gen Z mempunyai mental yang lemah, apalagi ketika memasuki dunia kerja.

Adapun sebutan Gen Z disematkan bagi mereka yang lahir sekitar 1997-2012. Saat ini, banyak dari Gen Z sedang memasuki akhir kuliah, masa magang dan akan memasuki dunia kerja, serta pada tahun awal bekerja.

Baca juga:

Adapun karakteristik tak terduga dari Gen Z bisa jadi terbentuk karena tumbuh besar di tengah perkembangan pesat teknologi, yang lebih maju dan serba instan daripada generasi sebelumnya.

Nah, jika kamu adalah Gen Z dan dalam waktu dekat akan memasuki dunia kerja, perhatikan beberapa hal ini sebagai langkah persiapan.

Hal penting untuk Gen Z saat masuk dunia kerja

1. Menentukan tujuan bekerja

Psikolog dari Pion Clinician Dr. Sarah Rumasita Siahaan, MA, M.Psi mengatakan bahwa secara umum penting untuk memerhatikan apa yang kita inginkan dari tempat kerja dan menentukan tujuan bekerja.

Dengan mengetahui tujuan dalam bekerja, kita akan lebih mudah beradaptasi dengan dunia kerja. Misalnya, bekerja untuk pengalaman dan pengembangan diri.

“Terkadang need and want-nya tidak sesuai, kemauan dan kebutuhan itu tidak hanya soal uang, tapi juga atasan dan tempat kerja," ujar Sarah pada acara bertajuk “Wellness Fair :How to Maintain Your Well Being in Mental Health and in Finance” di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Ia menambahkan, jika motivasi bekerja adalah untuk mengumpulkan pengalaman, kemudian bertemu dengan atasan yang keras, maka hal itu dapat menjadi pelajaran.

Baca juga: Melirik Konsep Pernikahan ala Gen Z pada 2024, Suka Tematik

Ketika menjadikan hal tersebut sebuah pelajaran, maka daya tahan kita dalam bekerja akan terbangun lebih kuat.

2. Menyiapkan skill dan keterampilan

Menurut situs Forbes, skill dan keterampilan menjadi hal paling utama yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum Gen Z memasuki dunia kerja.

Kenali terlebih dahulu pekerjaan yang akan dilamar. Pastikan kita sudah membekali diri dengan skill dan keterampilan.

Proses pembelajaran bisa dimulai dengan mengikuti kegiatan-kegiatan pendidikan formal maupun informal atau dengan mengikuti bootcamp dan kegiatan sukarelawan.

Baca juga: Dibandingkan Pendahulunya, Gen Z Merasa Dunia Lebih Berbahaya

Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dan dengan cepat beradaptasi dengan dunia kerja yang akan kamu jalani serta akan dengan mudah mengatasi masalah – masalah yang akan terjadi dikemudian hari.

3. Menjaga kesehatan mental

Selain itu, Gen Z juga dikenal lebih peduli dengan kesehatan mental.

Jika merasa tekanan dalam pekerjaan terlalu berat maka dianjurkan untuk mengunjungi ahli demi menjaga kesehatan mental tetap stabil.

Baca juga: Pola Asuh Orangtua Milenial dan Gen Z Lebih Minim Kekerasan

 

Dengan pendampingan dari professional, kata Sarah, pikiran akan menjadi tercerahkan dan kita bisa mengurangi kemungkinan salah langkah dalam dalam mengambil keputusan.

“Sekarang untungnya Gen Z itu sudah sangat peduli dengan kesehatan mental, jadi bisa talk to professional juga bisa membantu untuk diskusi dan mendapatkan arahan yang lebih baik,” lanjutnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com