Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Parfum dan Pengharum Ruangan Lokal Meningkat, Bukti Orang Suka Wewangian

Kompas.com - 24/02/2024, 08:00 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Industri lokal wewangian di Indonesia, termasuk parfum dan pengharum ruangan atau reed diffuser, terus mengalami kemajuan berkat hadirnya banyak brand lokal. 

Apalagi saat ini semakin banyak brand lokal yang berhasil membuat wewangian dengan aroma yang tidak kalah dengan merek Perancis.

“Di Tokopedia, penjualan produk parfum naik lebih dari 2 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu,” ungkap Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli dalam acara Talkshow dan Media Workshop bersama Tokopedia, Rabu (21/2/2024).

“Sedangkan untuk penjualan pengharum ruangan, seperti reed diffuser di Tokopedia, mengalami kenaikan hingga lebih dari 13 kali lipat di periode yang sama. Hal ini mendorong Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategisdan mendukung pelaku usaha lokal, termasuk di industri wewangian,” tambah Stefanie.

Di sisi lain, data internal TikTok juga mencatat nilai transaksi untuk produk parfum lokal pada Januari 2023 mengalami kenaikan 100% dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun lalu. Data juga menunjukkan bahwa para pembeli produk parfum lokal terdiri dari berbagai latar belakang, dan seimbang antara laki-laki dan perempuan.

Beberapa daerah di Indonesia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk parfum selama 2023, meliputi Padang Pariaman (Sumatra Barat), Kab. Pesawaran (Lampung), Demak (Jawa Tengah), Semarang (Jawa Tengah), dan Kampar (Riau), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 3,5 kali lipat.

Selain itu, beberapa daerah di Indonesia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk reed diffuser selama 2023, antara lain DKI Jakarta, Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), Balikpapan (Kalimantan Timur), dengan kenaikan rata-rata hingga lebih dari 17 kali lipat.

“Melihat antusiasme tinggi masyarakat terhadap brand lokal kecantikan dan perawatan diri, Tokopedia juga rutin mengadakan kampanye Tokopedia Beauty yang memberikan promo diskon hingga 90%, rilisan produk eksklusif, flash sale dan bebas ongkir agar masyarakat dapat berbelanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan hemat, termasuk parfum,” tambah Stefanie.

Alchemist Fragrance dan Euodia Home

(kiri-kanan) CEO and Founder Alchemist Fragrance, Naya Tinanda Nabila, Founder Euódia Home, Albertus Setyapranata dan Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli, pada acara Media Workshop: Meracik Parfum bersama Tokopedia, hari ini (21/2/24).
(kiri-kanan) CEO and Founder Alchemist Fragrance, Naya Tinanda Nabila, Founder Euódia Home, Albertus Setyapranata dan Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli, pada acara Media Workshop: Meracik Parfum bersama Tokopedia, hari ini (21/2/24).
Salah satu brand parfum lokal yang bisa ditemukan di berbagai platform e-commerce adalah Alchemist Fragrance.

Didirikan pada tahun 2022 oleh Naya Tinanda Nabila, founder sekaligus CEO, Alchemist bertujuan menghasilkan wewangian yang memberi kesan mewah dan klasik sekaligus terjangkau. 

Sebagai pencinta serta penikmat parfum, Naya ingin membangun bisnis di industri parfum agar brand lokal menjadi pilihan masyarakat Indonesia dan mampu bersaing di panggung global.

Berbagai tantangan pun dihadapi Naya ketika membangun Alchemist Fragrance. Salah satunya adalah dengan mengedukasi sebagian masyarakat terkait proses kreatif di balik pembuatan parfum. Faktanya, ada proses yang sangat panjang dalam meracik wewangian dan tingkatan aroma. 

“Misalnya, kami ingin setiap cerita dan perasaan di balik produk Alchemist Fragrance bisa relevan dengan pengguna parfum tersebut. Maka, kita menggandeng perfumer yang dapat memadukan berbagai aroma agar produk yang dihasilkan selalu unik,” ungkap Naya.

“Selain itu, salah satu tantangan lainnya adalah meyakinkan pembeli saat mereka membeli parfum yang sesuai. Untuk menyiasati hal ini, kami berinovasi dengan menghadirkan kuis singkat yang dapat membantu dan memudahkan calon pembeli dalam menentukan aroma yang cocok dengan karakter mereka,” ucap Naya.

“Sejak berjualan melalui Tokopedia, penjualan Alchemist Fragrance meningkat 2 kali lipat di tahun 2023 dibanding tahun 2022,” ungkap Naya.

Baca juga: Menerjemahkan Bunyi Aroma di Pameran Alchemist Spectrum

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com