Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Persen Pengguna Aplikasi Kencan Online Temukan Pasangan 

Kompas.com - 29/02/2024, 23:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Menggunakan aplikasi kencan online untuk menemukan pasangan, bukanlah hal baru di tengah perkembangan teknologi. 

Dalam survei terbaru dari Populix yang bertajuk Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps, terungkap bahwa sebanyak 20 persen pengguna aplikasi kencan online menemukan pasangan mereka. Baik sampai tahap pacaran maupun menikah. 

“Dari total responden yang menggunakan aplikasi kencan online, hanya terdapat 20 persen pengguna yang berhasil menemukan pasangan hingga memasuki jenjang pernikahan atau hubungan yang serius,” ujar Eileen Kamtawijoyo, COO & Co-Founder Populix, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, dikutip Kamis (29/2/2024). 

Baca juga:

Mengutip laporan Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps, responden dalam survei ini terdiri dari 1.165 orang. Dari jumlah tersebut, 63 persen setara 732 orang merupakan pengguna aplikasi kencan online. 

Sementara, dari 732 orang yang menggunakan aplikasi kencan online, mayoritas yakni sebesar 52 persen adalah generasi milenial. Disusul Gen Z (44 persen) dan Gen X (4 persen). 

50 persen pacaran, kemudian putus 

Ilustrasi aplikasi kencan onlineShutterstock/Kaspars Grinvalds Ilustrasi aplikasi kencan online

Berdasarkan laporan Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps, sebanyak 50 persen responden yang memakai aplikasi kencan online ternyata berhasil lanjut ke tahap pacaran. 

Sayangnya, hubungan mereka tidak berlangsung lama kemudian putus. Sementara, 13 persen responden mengaku dalam tahap pacaran dan 7 persen berhasil hingga jenjang pernikahan. 

“Hanya 20 persen pengguna aplikasi kencan online yang bisa menikah atau berkomitmen, menunjukkan bahwa pendekatan hati-hati diambil pengguna dalam proses pencocokan tersebut,” bunyi laporan Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps.

Sedangkan, 30 persen responden pengguna aplikasi kencan online mengaku belum pernah sampai ke tahap pacaran. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com