Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Brand Sepatu Lokal Kanky Berdiri: Banyak Orang Beli Sepatu KW

Kompas.com - 01/03/2024, 12:12 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemilik brand pastinya punya alasannya masing-masing dalam mendirikan brand atau bisnis sendiri. 

Founder brand sepatu lokal Kanky, Alfonsus Ivan pun punya alasan tersendiri saat memutuskan untuk mendirikan brand Kanky tersebut, yakni karena banyak orang suka membeli barang-barang palsu atau KW.  

Baca juga: 6 Rekomendasi Sepatu Olahraga Lokal yang Wajib Dicoba

Baca juga: 10 Rekomendasi Sneakers Lokal yang Paling Terkenal 

“Tahun 2019, waktu awal brand Kanky berdiri itu kan karena lagi ngetrennya keterbatasan daya beli ya. Kalau beli sepatu itu ya belinya Nike, Adidas tapi KW,” kata Alfonsus dalam sesi konferensi pers Shopee 3.3 Grand Fashion Sale di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024). 

“Kebanyakan dari mereka (yang beli barang KW) itu ketika ditanya kenapa beli barang begitu, jawabannya ya karena pengin kelihatan keren,” lanjutnya. 

Lebih lanjut, Alfonsus mengatakan bahwa tahun 2019, tepatnya saat brand Kanky berdiri, digitalisasi sudah semakin berkembang, sehingga dirinya lebih mudah memasarkan produk-produknya. 

“Kenapa baru 2019 (berdirinya)? Karena saya lihat digitalisasi itu semakin berkembang di tahun itu, orang-orang jadi lebih tahu tren, masyarakat Indonesia jadi lebih aware, lah,” ujar Alfonsus. 

Sepatu olahraga lokal merek KANKYInstagram.com/sepatukanky Sepatu olahraga lokal merek KANKY

Menurut Alfonsus, pabrik-pabrik di Indonesia, khususnya pabrik sepatu masih mengalami keterbatasan dalam segi produksi. Sebab, desain-desain dari sepatu yang dibuat oleh pabrik sepatu lokal, masih tak variatif. 

“Sekarang model-model yang mereka, atau dalam tanda kutip pabrik-pabrik Indonesia ini bikin, ya gayanya itu-itu saja. Makanya kami ingin Kanky itu hadir sebagai brand yang nge-trigger brand lokal lain untuk terus berinovasi,” ujar pendiri brand Kanky tersebut. 

Baca juga: 10 Merek Sepatu Lokal Terbaik dan Berkualitas 

Diketahui, saat ini brand sepatu Kanky sedang naik daun karena desain dan kualitas sepatunya yang dinilai bisa bersaing dengan brand luar negeri. 

Alfonsus sendiri mengungkap bahwa di tahun ini, peningkatan penjualannya mencapai 110 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sebagai brand yang menjual produk sneakers olahraga, harga dari sepatu Kanky pun masih relatif terjangkau dibanding brand sepatu lainnya, yakni di kisaran Rp 180.000-an hingga Rp 400.000-an.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com