Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2024, 14:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Eksistensi merek sepatu lokal semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Sepatu lokal semakin berkualitas dengan menghadirkan desain yang beragam, sehingga bisa bersaing dengan merek sepatu global.

Dari sekian banyak merek, ada sejumlah sepatu lokal terbaik. Merek sepatu lokal tersebut, sudah pernah digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), menteri, pesohor, atau berkolaborasi dengan merek-merek ternama di kancah global. 

Baca juga:

Sejumlah merek sepatu lokal terbaik tersebut juga sudah go international lho, dengan membuka sejumlah cabang atau tampil di pameran berbagai negara. Tak ketinggalan, merek sepatu lokal terbaik tersebut memiliki kualitas yang tak perlu diragukan. 

Merek sepatu lokal terbaik

Berikut sejumlah merek sepatu lokal terbaik seperti dirangkum Kompas.com. 

1. NAH Project

Yoga FlexKnit v2.0 NAH Project. Salah satu sepatu lokal terbaik dan berkualitas. Dok. NAH Project Yoga FlexKnit v2.0 NAH Project. Salah satu sepatu lokal terbaik dan berkualitas.

Merek sepatu asal Bandung ini, memulai perjalanan mereka sejak 2017. Nama NAH Project melambung karena dikenakan oleh Presiden Jokowi pada event We The Fest 2018 lalu.

Pilihan Jokowi jatuh pada Yoga FlexKnit v2.0 Carbon Black yaitu sneakers rajut dengan bahan elastis, tipis, dan lembut. Ketika digunakan, sneakers ini tidak akan membuat kaki penggunanya menjadi cepat gerah, namun tetap fleksibel. 

Harga sepatu NAH masih terjangkau, yakni berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 580.000 per pasang. Selain sepatu, NAH Project juga memproduksi sandal dan dailywear.

2. Saint Barkley

Sepatu kolaborasi Burgerkill dan Saint Barkley. Dok INSTAGRAM SAINT BARKLEY Sepatu kolaborasi Burgerkill dan Saint Barkley.

Selain NAH Project, sepatu lokal yang dilirik oleh Presiden Jokowi adalah Saint Barkley. Pada 2018, Presiden Jokowi membeli sepatu Saint Barkley pada event Jakarta Sneakers Day 2018, yang membuat namanya makin populer. 

Dirilis pada 2012, merek sepatu asal Bandung ini, berhasil mematahkan stigma masyarakat bahwa sepatu luar negeri selalu lebih bagus. 

Saint Barkley membawa desain vintage yang mengutamakan kenyamanan. Kini, Saint Barkley telah mulai melebarkan sayapnya hingga Malaysia dan negara lainnya. 

Merek sepatu lokal Bandung ini juga berkolaborasi dengan sejumlah figur publik, seperti NTRL, Shaggydog, Neck Deep, hingga pabrikan mobil Datsun. Harga sepatu Saint Barkley juga cukup terjangkau, berkisar Rp 350.000 hingga Rp 500.000.

3. 910 (Nineten)

Sepatu merek 910 (Nineten), salah satu sepatu lokal terbaik dan berkualitasDok. situs 910 Sepatu merek 910 (Nineten), salah satu sepatu lokal terbaik dan berkualitas

Sepatu lokal yang berdiri pada 2010 ini, khusus memproduksi sepatu lari (running shoes) dengan kualitas internasional dan desain inovatif. 

Kualita 910 tidak kalah dengan merek luar negeri. Merek sepatu asal Bandung ini, menggunakan teknologi tanpa jahitan (no sew) maupun teknik rajut (knitting).

Beberapa varian menggunakan insole dan outsole technology bernama Acro+, yang dapat disesuaikan dengan medan yang ditempuh, sehingga sangat cocok dipakai pengguna dengan mobilitas tinggi.

Sepatu ini, menjadi salah satu produk buatan Indonesia yang digunakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. 

4. Compass

Sepatu Compass salah satu sepatu lokal terbaik dan berkualitas. 
Dok. Shutterstock/Jimmy Gunawan Sepatu Compass salah satu sepatu lokal terbaik dan berkualitas.

Compass merupakan merek sepatu buatan Bandung yang sudah ada sejak 1998.  Merek sepatu ini, memiliki spesialisasi pada tipe sneakers kanvas dengan perpaduan desain klasik dan modern.

Ciri khas sneakers keluaran Compass adalah garis putih yang dikatakan melambangkan Gazelle, binatang penuh kecepatan yang terus melaju ke depan.

Setelah sukses melakukan rebranding, Compass bisa dibilang menjadi salah satu merek sepatu lokal yang paling dicari oleh para sneakerhead

Modelnya yang basic mirip Converse ini membuat sepatu Compass cocok dengan berbagai jenis gaya. Harga sepatu Compass dibanderol mulai dari Rp 408.000 hingga Rp 1,25 juta. 

5. PijakBumi

Koleksi eksklusif Wabi-Sabi ini kini telah tersedia di situs Pijakbumi.com, dalam dua pilihan warna yang dijual dalam jumlah terbatas, hanya 24 pasang sepatu.DOKUMENTASI TENCEL Koleksi eksklusif Wabi-Sabi ini kini telah tersedia di situs Pijakbumi.com, dalam dua pilihan warna yang dijual dalam jumlah terbatas, hanya 24 pasang sepatu.

Merek sneakers lokal ini berangkat dari inspirasi peduli lingkungan. Keunggulan merek sepatu asal Bandung ini, adalah menggunakan bahan ramah lingkungan.

PijakBumi menggunakan bahan alami atau kulit natural dan ekstrak tumbuhan. Dengan begitu, setiap lapisan kulit sepatu pun tidak akan menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan. 

Satu lagi ciri khas sepatu lokal ini adalah bagian sol yang ternyata berasal dari bahan daur ulang menggunakan bahan bekas hingga lateks. Satu pasang sepatu PijakBumi dibanderol mulai dari Rp 500.000-an. 

Keunikan PijakBumi ini membawanya berpartisipasi dalam pameran alas kaki internasional MICAM Milano. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com