Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Jam Tangan Kayu Terbaik Buatan Lokal

Kompas.com - 09/01/2024, 14:14 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jam tangan merupakan salah satu item fesyen yang wajib dimiliki. Jam tangan kayu pun menjadi salah satu jenis produk yang kini semakin merajai pasar.

Selain karena faktor eco-friendly (ramah lingkungan), jam tangan dengan bahan baku kayu ini terlihat lebih unik ketimbang jam yang terbuat dari bahan lainnya. 

Jam tangan kayu lokal pun sudah banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia karena kualitasnya yang mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri. 

Baca juga: Intip, Koleksi Jam Tangan Mewah Para Anggota BTS

Baca juga: 10 Brand Jam Tangan di Bawah Rp 8 Juta yang Terlihat Mewah

Jika kamu sedang mencari jam tangan kayu buatan asli Indonesia, berikut 3 produk rekomendasi yang bisa kamu pilih.  

Eboni

Koleksi dari brand jam tangan lokal Eboni Watch cocok digunakan oleh wanita. Instagram.com/eboniwatch Koleksi dari brand jam tangan lokal Eboni Watch cocok digunakan oleh wanita.

Salah satu merek jam tangan kayu yang berasal dari Tanah Air adalah Eboni Watch. Jam buatan Klaten, Jawa Tengah ini lahir pada Oktober 2014 silam. 

Jam tangan Eboni dibuat secara handmade, menggunakan sisa-sisa kayu yang tak bisa lagi digunakan untuk barang besar. 

Melansir artikel Kompas.com yang tayang pada Senin (7/3/2022), keseluruhan koleksinya berbentuk lingkaran dengan diameter jam 38 mm dan untuk tali atau strapnya menggunakan kulit sapi kualitas premium dengan pilihan warna yang beragam.

Dengan kisaran harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 275.000 hingga Rp 400.000, kamu sudah bisa mendapatkan jam tangan wanita Eboni yang terbuat dari kayu eboni dan maple. 

Baca juga: Eboni Watch, Jam Kayu dari Klaten yang Melanglang ke Dunia

Woodka

Salah satu koleksi dari brand jam tangan kayu lokal, Woodka, yakni koleksi Arthropoda yang memakan 2 strap berbeda.Instagram.com/woodka_ Salah satu koleksi dari brand jam tangan kayu lokal, Woodka, yakni koleksi Arthropoda yang memakan 2 strap berbeda.

Brand yang satu ini didirikan oleh sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2013. 

Woodka Watch menggunakan material kayu yang didaur ulang, sementara tali jam atau strap-nya memanfaatkan bahan berupa kain kanvas dan kulit. 

Namun, motif dan desainnya bernapas anak muda yang dinamis, baik berupa garis-garis ataupun pop art. 

Dilihat dari laman web resminya, harga dari jam tangan Woodka ini cukup terjangkau. Produknya dibanderol dengan harga Rp 300 ribuan hingga Rp 1 jutaan.  

Matoa

Beberapa koleksi dari Matoa Watch, yang merupakan brand pelopor jam tangan kayu di Indonesia.Instagram.com/matoa_id Beberapa koleksi dari Matoa Watch, yang merupakan brand pelopor jam tangan kayu di Indonesia.

Matoa Watch merupakan produk lokal asal Bandung, dan merupakan pelopor jam tangan kayu di Indonesia. 

Produk dari Matoa Watch masih diminati oleh banyak orang hingga saat ini, sebab, produk-produknya hadir dengan desain yang modern dan memiliki corak unik. 

Meskipun harganya tergolong cukup mahal, yakni Rp 950.000 hingga Rp 1,6 jutaan, tapi kamu sudah bisa mendapatkan jam tangan kayu yang elegan sekaligus tahan air. 

Baca juga: Ini 20 Jam Tangan Termahal di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com