Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Sepatu Lokal Bandung, Tak Kalah Keren dengan Merek Global

Kompas.com - 10/01/2024, 10:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai merek sepatu lokal kian diminati masyarakat karena kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk global. Merek sepatu lokal Bandung misalnya, tidak hanya memikat pasar domestik, tapi juga mancanegara. 

Merek sepatu lokal Bandung menghadirkan berbagai produk unik, berkualitas, dengan harga yang lebih terjangkau. Mulai dari jenis sneakers, kets, sepatu kulit, boots, dan sebagainya. 

Baca juga:

Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, saat memakai merek sepatu lokal. Beberapa diantaranya bahkan telah dipakai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), menteri, tokoh publik, hingga bekerja sama dengan merek global. 

Merek sepatu lokal Bandung 

Berikut rekomendasi merek sepatu lokal Bandung buat kamu yang tengah mencari alas kaki buatan anak bangsa. 

1. Brodo 

Brodo salah satu merek sepatu lokal Bandung. Dok. Localfest Brodo salah satu merek sepatu lokal Bandung.

Brodo merupakan merek sepatu lokal Bandung yang lahir pada 2010. Salah satu pelopor merek sepatu lokal ini, berawal dari sulitnya pendiri Brodo menemukan sepatu ukuran 46, berdasarkan informasi dari situs resminya. 

Salah satu koleksi signature Brodo adalah tipe boots berbahan kulit. Kini, koleksi sepatu Brodo semakin beragam seperti sneakers dan active.

Brodo juga mengembangkan lini sandal, daily wear, active wear, smart casual, dan essentials. Harga sepatu merek Brodo dibanderol dari Rp 338.000 hingga Rp 859.000.

2. NAH Project

Sneaker kolaborasi Gramedia X NAH Project. Salah satu merek sepatu lokal Bandung. 
Sneaker kolaborasi Gramedia X NAH Project. Salah satu merek sepatu lokal Bandung.

Merek sepatu asal Bandung ini, memulai perjalanan mereka sejak 2017. Nama NAH Project melambung karena dikenakan oleh Presiden Jokowi pada event We The Fest 2018 lalu.

Pilihan Jokowi jatuh pada Yoga FlexKnit v2.0 Carbon Black yaitu sneakers rajut dengan bahan elastis, tipis, dan lembut. Ketika digunakan, sneakers ini tidak akan membuat kaki penggunanya menjadi cepat gerah, namun tetap fleksibel. 

Harga sepatu NAH masih terjangkau, yakni berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 580.000 per pasang. Selain sepatu, NAH Project juga memproduksi sandal dan dailywear.

3. Exodos57

Galan Black Brown, salah satu koleksi dari Exodos57, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/2/2019). Exodos57, brand sepatu asal Bandung merilis seri terbaru Galan dengan dua colorway, black olive dan black brown, dengan perpaduan leather dan zipper di sisi dalam sepatu yang menjadi salah satu koleksi paling dicari.KOMPAS.com/ALDO CHRISTIAN SITANGGANG Galan Black Brown, salah satu koleksi dari Exodos57, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/2/2019). Exodos57, brand sepatu asal Bandung merilis seri terbaru Galan dengan dua colorway, black olive dan black brown, dengan perpaduan leather dan zipper di sisi dalam sepatu yang menjadi salah satu koleksi paling dicari.

Mereka sepatu lokal Bandung, Exodos57, tengah naik daun. Pada  peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017 lalu, Presiden Jokowi membeli sepatu Exodos57 seri 3laborate. 

Baru-baru ini, sepatu Exodos57 juga dikenakan oleh salah satu pasangan calon (paslon) Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat debat ketiga, Minggu (7/1/2024). 

Ciri khas produk sepatu Exodos57 adalah menggabungkan bahan kulit, kanvas, dan tenun, serta memiliki desain vintage, dikutip dari Kompas.com (6/11/2018). Harga sepatu Exodos57 dibanderol mulai dari Rp 595.000 hingga Rp 1,2 juta per pasang. 

4. Ventela

Ventela X NeverTooLavish Hard13-Noir low. Salah satu merek sepatu lokal Bandung. 
ventela Ventela X NeverTooLavish Hard13-Noir low. Salah satu merek sepatu lokal Bandung.

Salah satu ciri khas Ventela adalah desain garis atau stripe yang berada di sisinya, mirip seperti Vans. Merek sepatu asal Bandung yang berdiri sejak 2017 ini, memulai kiprahnya dengan berbagai jenis model sepatu yang sesuai kebutuhan anak muda. 

Berbagai sepatunya dikemas dengan teknologi canggih seperti Ultralite Foam untuk membuat insole empuk dan nyaman, serta memakai material yang lembut dan tahan lama. 

Berbagai koleksi sepatu Ventela menggunakan material canvas 12oz yang berkualitas, cukup lembut, dan memiliki daya tahan kuat sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari. Harga sepatu Ventela dibanderol dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 199.000. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com