Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Perilaku Pengguna Aplikasi Kencan Online di Indonesia

Kompas.com - 01/03/2024, 20:12 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sejalan dengan perkembangan teknologi, mencari pasangan melalui aplikasi kencan online merupakan hal yang lumrah. Aplikasi kencan online pun semakin menjamur dengan beragam fitur dan kelebihan masing-masing.

Guna mengetahui perilaku pengguna aplikasi kencan online di Indonesia, maka lembaga riset Populix menggelar survei bertajuk Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps. 

Baca juga:

Eileen Kamtawijoyo, COO & Co-Founder Populix, mengatakan, kemunculan aplikasi kencan online membentuk kebiasaan baru orang Indonesia dalam mencari pasangan. 

“Kehadiran aplikasi kencan online yang semakin menjamur di Indonesia memperlihatkan peran teknologi digital dalam membentuk kebiasaan baru untuk membangun hubungan, bahkan dalam mencari pasangan hidup,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, dikutip Jumat (1/3/2024). 

Berikut delapan perilaku pengguna aplikasi kencan online di Indonesia, berdasarkan hasil survei Populix bertajuk Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps. 

Ilustrasi aplikasi kencan onlineShutterstock/New Africa Ilustrasi aplikasi kencan online

1. Usia pengguna paling banyak 

Mengutip laporan Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps, responden dalam riset ini terdiri dari 1.165 orang. Dari jumlah tersebut, 63 persen setara 732 orang menyatakan mereka adalah pengguna aplikasi kencan online

Sementara, dari 732 orang yang menggunakan aplikasi kencan online, mayoritas yakni sebesar 52 persen adalah generasi milenial. Disusul Gen Z sebesar 44 persen dan Gen X sebanyak 4 persen. 

Melansir dari Britannica, istilah milenial mengacu pada seseorang yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996. Beberapa sumber mengategorikan milenial berbeda satu hingga dua tahun, yakni kelahiran 1980 hingga 1995. 

2. Aplikasi paling banyak dipakai 

Riset Populix tersebut mengungkapkan, aplikasi kencan online yang paling banyak digunakan responden adalah Tinder dan Tantan. 

“Tinder dan Tantan muncul sebagai pilihan utama, menggarisbawahi popularitas mereka di bidang kencan online,” bunyi laporan Indonesian Usage Behavior and Online Security on Dating Apps. 

Berikut sembilan aplikasi kencan online yang paling banyak dipakai pengguna di Indonesia berdasarkan survei Populix. Meliputi, Tinder (38 persen), Tantan (33 persen), Bumble (17 persen), Omi (13 persen), dan Dating.com (12 persen). 

Kemudian, Badoo (10 persen), Taaruf ID (7 persen), OkCupid (7 persen), dan Muslima.com (5 persen). 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com