Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Baju Lebaran 2024, Didominasi Warna Pastel hingga Motif Bunga

Kompas.com - 05/03/2024, 07:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu seluruh umat Islam pada saat bulan Ramadhan.

Tak heran bila di momen ini, orang-orang akan mempersiapkan segala hal, termasuk membeli baju baru untuk tampil cantik di hari raya.

Baca juga:

Tren baju Lebaran pun saat ini sudah mulai bermunculan. Buat kamu yang sedang bingung menentukan baju Lebaran, mungkin tren-tren berikut bisa membantu.

Tren baju Lebaran 2024

1. Warna-warna pastel

Tahun ini ada banyak merek modest fesyen yang menghadirkan baju Lebaran dengan warna-warna pastel.

Beberapa di antaranya adalah RiaMiranda, Klamby, dan Shi by Shireen yang sempat menampilkan koleksi mereka di ajang Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024.

Menurut Ria Miranda, koleksi baju Lebaran untuk labelnya masih memainkan warna-warna pastel yang lembut meskipun ada sedikit sentuhan biru dongker.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Membeli Baju Lebaran Online?

Tak berbeda jauh dengan RiaMiranda, Klamby dan Shi by Shireen juga meluncurkan beberapa warna pastel yang dibarengi dengan warna-warna yang lebih bold.

"Koleksi yang saya keluarkan karakternya memang lebih (feminin), warnanya banyak pastel. Apalagi mood-nya Shi by Shireen ini lebih romantic, perempuan sekali," terang Shireen Sungkar saat ditemui di Mal Plaza Indonesia, Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Koleksi baju Lebaran dari Shi by Shireen yang ditampilkan dalam ajang Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024 di Mal Plaza Indonesia, Jakarta, Minggu (3/3/2024).Dok. PIFW 2024 Koleksi baju Lebaran dari Shi by Shireen yang ditampilkan dalam ajang Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024 di Mal Plaza Indonesia, Jakarta, Minggu (3/3/2024).

2. Pakai bahan yang lebih shiny

Sementara itu, dari segi bahan, baju Lebaran tahun 2024 ini akan menggunakan bahan-bahan yang terlihat lebih mengilap atau shiny.

Misalnya, koleksi baju Lebaran RiaMiranda sebagian besar menggunakan kain sifon glitter.

"Sekarang saya mencoba lebih festive dengan bahan-bahan yang lebih shiny, terus juga ada glittery fabric," kata Ria.

Baca juga: Tips Memilih Baju Lebaran, dari Tren hingga Bahan

Namun, yang terpenting menurut Ria bahannya harus selalu nyaman.

Dalam koleksi tersebut, ia tidak banyak menggunakan layering, hanya permainan pleats dan ada drapery yang tidak rumit sehingga orang-orang yang mengenakannya bisa bebas bergerak.

Kemudian, koleksi Shi by Shireen juga menggunakan bahan-bahan yang lebih shiny seperti silk atau sutra.

Koleksi baju sarimbit untuk Lebaran dari Ria Miranda yang ditampilkan dalam ajang Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024 di Mal Plaza Indonesia, Jakarta, Minggu (3/3/2024).Dok. PIFW 2024 Koleksi baju sarimbit untuk Lebaran dari Ria Miranda yang ditampilkan dalam ajang Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024 di Mal Plaza Indonesia, Jakarta, Minggu (3/3/2024).

3. Motif bunga-bunga

Untuk motif, baju Lebaran 2024 akan didonimasi dengan motif bunga-bunga.

Salah satunya Klamby yang menonjolkan keragaman budaya, keanekaragaman hayati, dan keindahan alam Indonesia, dengan memasukkan unsur keragaman etnik dari berbagai daerah.

Koleksinya pun menggabungkan elemen-elemen unik dan keindahan bunga-bunga endemik yang terdapat di daerah-daerah tersebut.

Baca juga: Selain Putih, Ini 5 Tone Warna Outfit yang Cocok Digunakan Saat Lebaran

Motif bunga-bunga juga dapat ditemukan pada koleksi baju Lebaran dari RiaMiranda dan Shi by Shireen.

"(Motifnya) bakal lebih bunga-bunga. Tapi saya juga tidak terlalu suka dengan motif yang terlalu ramai gitu. Makanya di-mix sama yang polos," jelas Shireen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com