Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2024, 06:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orangtua yang mungkin sudah memperkenalkan produk kosmetik pada anak-anak sejak dini, terutama produk kosmetik berbentuk perawatan kulit atau skincare.

Namun, anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif untuk menerima bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam produk kosmetik.

Maka dari itu, orangtua perlu benar-benar memastikan usia anak sudah tepat dan produk yang digunakan aman dan memang diperuntukkan bagi usia anak maupun remaja.

Baca juga:

Tetapi, apakah sebenarnya anak-anak dan remaja boleh memakai produk kosmetik? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Pemakaian produk kosmetik pada anak dan remaja

Petugas pelayanan kosmetik di Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Sari Indira Setyowati mengatakan bahwa anak-anak dan remaja sebenarnya boleh saja memakai produk kosmetik seperti skincare.

Apalagi, saat ini sudah ada banyak pilihan produk kosmetik yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak maupun remaja.

"Hanya saja yang perlu diperhatikan orangtua adalah apakah produk tersebut memiliki data dukung keamanan. Karena produk-produk ini kan harus diuji, terutama tentang market di mana akan beredar," terangnya ketika ditemui Kompas.com di acara konsultasi publik di Cibubur, Selasa (5/3/2024).

Baca juga:

Menurut Sari, di dokumen informasi produk kosmetik di BPOM tertera salah satu syarat yang mewajibkan adanya data uji keamanan produk.

"Jadi, misalnya target penggunanya untuk usia 17-24 tahun, maka uji keamanannya ya harus sesuai 17-14 tahun," jelas dia.

Sementara itu, dari segi bahan , Sari mengungkapkan bahwa ada beberapa bahan yang tidak boleh digunakan untuk anak usia di bawah 3 tahun, seperti asam salisilat (salicylic acid).

"Tapi kalau untuk remaja tidak ada bahan yang dibatasi. Paling buat anak-anak saja," katanya.

Lebih lanjut, untuk mengetahui usia anak yang tepat menggunakan produk kosmetik, Sari pun menyarankan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com