Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Samping Asam Salisilat yang Berlebihan Dalam Produk Kosmetik

Kompas.com - 06/03/2024, 10:42 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak kandungan dalam produk kosmetik seperti skincare yang memiliki manfaat, salah satunya asam salisilat atau salicylic acid.

Meskipun dinilai bermanfaat, terutama untuk membantu mengatasi jerawat, namun penggunaan asam salisilat dalam sebuah produk kosmetik juga perlu dibatasi demi keamanan.

Sebab, penggunaan asam salisilat secara berlebihan dapat menyebabkan sejumlah efek samping yang kurang baik bagi kulit.

Baca juga: 7 Bahan Berbahaya yang Tidak Boleh Digunakan Dalam Produk Kosmetik

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasannya sebagai berikut.

Efek samping penggunaan asam salisilat secara berlebihan

Petugas pelayanan kosmetik di Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Sari Indira Setyowati mengatakan bahwa asam salisilat boleh digunakan dalam produk kosmetik seperti skincare, namun dengan batasan tertentu.

Adapun batasan konsentrasi asam salisilat dalam produk kosmetik berdasarkan Peraturan BPOM Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika adalah sekitar 2-3 persen saja.

Jika asam salisilat memiliki kadar yang lebih tinggi, menurut Sari bahan ini bisa menimbulkan sejumlah masalah pada kulit seperti eksfoliasi atau pengelupasan kulit.

"Jadi asam salisilat termasuk dalam senyawa BHA. Ada kondisi di mana kalau kandungannya berlebihan itu bisa menyebabkan pengelupasan dan iritasi kulit," jelas Sari kepada Kompas.com usia acara konsultasi publik BPOM di Cibubur, Selasa (5/3/2024).

"Maka, ketika ada produk dengan kandungan asam salisilat yang tinggi, berarti itu harus berada di bawah pengawasan dokter," ujar dia.

Karena kebanyakan skincare yang mengandung asam salisilat diperjualbelikan secara bebas, Sari mengatakan bahwa konsentrasinya perlu dibuat lebih rendah agar lebih aman digunakan oleh konsumen.

"Kecuali yang skincare yang diedarkan di kalangan dokter itu biasanya punya formula sendiri yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasien," imbuhnya.

Baca juga: Apakah Asam Salisilat Boleh Digunakan Dalam Produk Kosmetik?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com