Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Berbahaya yang Tidak Boleh Digunakan Dalam Produk Kosmetik

Kompas.com - 05/03/2024, 17:29 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produk kosmetik banyak digunakan orang untuk berbagai macam tujuan seperti meningkatkan kesehatan kulit (khususnya skincare) dan juga mempercantik penampilan sehari-hari.

Namun, dengan perkembangan produk kosmetik yang saat ini semakin pesat, tidak dipungkiri masih banyak produk yang menggunakan bahan-bahan yang tidak cukup aman bagi kulit.

Petugas pelayanan kosmetik di Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Sari Indira Setyowati mengatakan, ada banyak sekali bahan yang umumnya digunakan dalam sebuah produk kosmetik.

Kendati demikian, ada bahan yang dilarang dan dibatasi oleh BPOM. Bahan-bahan tersebut antara lain pewarna, bahan pengawet, dan bahan tabir surya.

"Misalnya bahan pengawet, itu kami punya positive list. Kemudian bahan pewarna juga gitu, kalau pakai bahan pewarna yang tidak ada di list itu enggak bisa dipakai, sama halnya dengan bahan tabir surya," jelas Sari ketika ditemui Kompas.com di acara konsultasi publik BPOM di Cibubur, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: Berbahaya, Jauhkan Produk Kosmetik dan Skincare Ini dari Bayi

Oleh sebab itu, menurutnya sebelum memilih atau membeli sebuah produk kosmetik, konsumen harus memeriksa informasi pada label dan apa saja kandungan di dalamnya.

Bahan-bahan berbahaya dalam produk kosmetik

Berikut adalah beberapa daftar bahan berbahaya yang masih marak ditemukan di pasaran yang perlu dihindari sebagaimana tercantum dalam Peraturan Kepala Badan POM No. 23 Tahun 2019.

1. Merkuri

Merkuri kerap disalahgunakan pada krim atau lotion pencerah kulit (whitening). Padahal, bahan ini tergolong sebagai logam berat berbahaya, yang dalam konsentrasi kecilpun dapat bersifat racun.

Pemakaian merkuri dapat menimbulkan berbagai hal, mulai dari perubahan warna kulit, alergi, iritasi kulit hingga menyebabkan kanker dalam jangka panjang karena merkuri merupakan zat karsinogenik.

2. Hidrokinon

Hidrokinon adalah zat reduktor yang mudah larut dalam air. Kemampuan hidrokinon untuk menghambat pembentukan melanin (zat pigmen kulit) membuat bahan tersebut digunakan sebagai pencerah kulit (skin lightening) yang populer.

Ilustrasi seorang perempuan sedang memeriksa bahan-bahan dalam produk kosmetik.Shutterstock/Drazen Zigic Ilustrasi seorang perempuan sedang memeriksa bahan-bahan dalam produk kosmetik.

Kendati demikian, penggunaan hidrokinon dalam jangka panjang dan dosis tinggi bisa menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada daerah kulit yang terkena sinar matahari langsung, dan juga perubahan warna kulit menjadi kehitaman.

Selain itu, krim yang mengandung hidrokinon akan terakumulasi dalam kulit sehingga menyebabkan mutasi serta kanker dalam jangka panjang.

Baca juga: Apakah Fluorida Berbahaya? Cek Faktanya

3. Tretinoin

Tretinoin atau asam retinoat (retinoic acid) dan garamnya, banyak disalahgunakan pada produk untuk peeling, kulit berjerawat, dan pencerah kulit (whitening) dengan mekanisme kerja pengelupasan kulit.

Faktanya, zat ini dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, dan juga teratogenik.

4. Resorsinol

Resorsinol dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu sistem imun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com