Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Baju Bukber, Jangan Pakai Hitam dan Warna Tanah

Kompas.com - 07/03/2024, 19:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari. Salah satu aktivitas yang identik dengan bulan Ramadhan adalah buka bersama atau "bukber".

Bukber bisa dilakukan dengan siapa saja, termasuk keluarga dan teman-teman. Tak jarang bukber juga menjadi momentum berkumpul lagi dengan teman-teman lama.

Baca juga:

Jika bingung memilih pakaian yang pas untuk bukber, simak tips berikut.

Tips memilih baju untuk bukber

1. Kenali tubuh sendiri

Co-founder brand modest lokal Benang Jarum, Allyssa Hawadi mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan ketika memilih baju untuk bukber adalah memahami tubuh sendiri.

Dari sana, kita bisa memilih tipe dan warna pakaian yang sesuai dengan diri kita.

"Know your body, know your skin tone (kenali tubuhmu, kenali warna kulitmu). Karena apa yang bagus di aku belum tentu bagus di kamu dan apa yang bagus di kamu belum tentu bagus di aku," ujar Allyssa saat ditemui di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Merek Hijab Voal Lokal, Ada Motif dan Polos

2. Pakai item yang memberi kesan mencerahkan

Ilustrasi hijab dengan warna mencerahkan.SHUTTERSTOCK/SALLEHUDIN AHMAD Ilustrasi hijab dengan warna mencerahkan.

Tidak ada yang salah dengan pemilihan warna pakaian apapun. Namun, jika ingin tampil segar pada momen bukber, Allysa menyarankan untuk memilih item yang memberi kesan mencerahkan dan menghindari warna gelap.

"Kalau mau, sekalian pakai warna cerah, warna putih sekalian. Hindari warna earth tone (warna tanah). Kalau putih, aku perhatikan mau skin tone seperti apapun pasti cocok," ucapnya.

Baca juga: 8 Warna Hijab yang Bikin Muka Cerah, Jangan Salah Pilih

3. Sesuaikan pilihan pakaian dengan momen

Ada banyak pilihan pakaian yang tersedia. Kamu bisa menyesuaikannya dengan momen bukber yang akan dihadiri.

Misalnya, jika hadir di acara bukber formal, influecer sekaligus pemilik brand Nada Puspita, Indah Nada Puspita menyarankan memilih item seperti dress atau blazer untuk pilihan elegan dan praktis.

Dress bisa kamu pilih jika ingin tampil feminin dan nyaman, sementara blazer untuk tampilan yang formal dan tetap stylish.

“Untuk bukber bisa pakai dress atau blazer, tampilan nantinya akan rapi tetapi tetap elegan,” ungkapnya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: 5 Warna Hijab yang Cocok untuk Outfit Earth Tone, Ada Hijau Army

Sedangkan jika berencana menghadiri acara bukber kasual, kamu bisa memilih item santai seperti perpaduan tunik dan kulot atau jeans.

4. Tampil segar dengan hijab motif

Salah satu varian hijab motif dari brand Nada Puspita.SITUS NADAPUSPITA.COM Salah satu varian hijab motif dari brand Nada Puspita.

Jika ingin tampil statement dengan satu item saja, kamu bisa memadukan outfit polos dengan hijab bermotif.

Pilihlah motif yang sesuai dengan fitur wajah. Ada beragam jenis hijab bermotif yang bisa kamu pilih, baik hijab dengan motif ramai maupun subtle alias halus.

“Buat yang pakai hijab, bisa gunakan scarf hijab dengan motif yang cantik supaya penampilannya lebih indah,” ucap Indah Nada.

@kompas.lifestyle Baju rajut kenapa sih gampang rusak dan melar??! ???????? Bentar! Mungkin cara kalian mencuci dan menyimpannya salah! Baju bahan rajut alias knit memang butuh perawatan khusus guys. Selain itu, buat baju apapun, cobalah untuk selalu melihat laundry tag alias saran perawatan yang biasanya ada di balik baju kalian. Yess bener, yang ada gambar mesin cuci sama setrika itu loh! Btw, kalian ada pengalaman punya baju rajut dan gampang bolong? #rajut #knit #bajurajut #lifestyle ? Made You Look - Meghan Trainor
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com