Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Awet Muda dan Bugar Shah Rukh Khan di Usia 58 Tahun

Kompas.com - 24/03/2024, 19:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Bintang Bollywood Shah Rukh Khan tak lama lagi akan menginjak usia kepala enam. Namun, penampilan fisik laki-laki kelahiran 2 November 1965 itu terlihat masih bugar dan awet muda.

Kebugaran Khan di usia 50-an tak hanya terlihat dari otot perut dan bisepnya yang menonjol ketika beradu peran di film Pathaan, tetapi aktor yang namanya melambung lewat film "Kuch Kuch Hota Hai" itu juga masih menjajal sejumlah adegan-adegan aksi yang terbilang tak mudah.

Baca juga:

Lebih rinci, berikut rutinitas yang dijalani Shah Rukh Khan sehingga masih tampak awet muda dan bugar di usia 58 tahun.

Rahasia awet muda Shah Rukh Khan

1. Kombinasi olahraga beban dan kardio

Sulit dipercaya bahwa Shah Rukh Khan tidak rutin berolahraga sebelum 2008 dan latihan kebugarannya hanya meliputi pull-up, push-up, dan menggunakan monkey bar, seperti dilansir dari GQ India.

Pelatih kebugaran Khan yang sudah bekerja sama selama 23 tahun terakhir, Prashant Sawant, membeberkan sejumlah rahasianya.

Khan memiliki set gym di rumahnya dan berolahraga di sana setidaknya lima hari seminggu, dengan durasi sekitar 25 menit per sesi.

Jika tidak bekerja pada malam hari, dia akan berolahraga pukul 02.30. Hal itu dilakukannya karena pada waktu tersebut semua orang di rumah sedang tidur, sehingga ia bisa berolahraga dengan tenang.

Baca juga:

Selain latihan beban, Khan juga memastikan dirinya berolahraga kardio dalam jumlah cukup, biasanya 30-60 menit lari, jogging, bersepeda, atau aerobik, setiap harinya.

Sawant selalu ikut bersamanya setiap Khan harus pergi keluar Mumbai untuk syuting, sehingga rutinitas kebugarannya terjaga.

Menurut sebuah wawancara yang dilakukan oleh Sawant, aktor yang kerap disebut "SRK" itu memiliki tingkat metabolisme basal yang sangat tinggi, yang memungkinkannya untuk melakukan latihan ketahanan paling sulit. Bahkan, SRK memiliki begitu banyak energi sehingga ia dapat berjalan terus-menerus selama satu setengah jam tanpa henti.

2. Asupan makanan dan minuman

Selain latihan, nutrisi dan suplemen juga menjadi elemen penting lainnya dalam menjaga kebugaran.

Film terbaru Shah Rukh Khan, Jawan: Extended Cut Film terbaru Shah Rukh Khan, Jawan: Extended Cut

Sawant mengatakan, mereka memiliki perencanaan komprehensif terkait nutrisi yang diasup oleh Khan, termasuk asupan protein dan multi-vitamin, serta nutrisi pemulihan.

Menurutnya, Khan tidak makan dalam jumlah yang banyak, tetapi demi peran tertentu, ia akan mengonsumsi lebih banyak protein untuk membentuk massa otot.

Selain mengonsumsi lebih banyak protein, dilansir dari HealthSite, ketika akan memainkan peran tertentu dalam film, Khan juga akan mempraktikkan pola makan rendah lemak yang dikombinasikan dengan latihan beban rutin, serta menjaga hidrasi delapan hingga 10 gelas air putih per hari.

Baca juga:

Selama diet, Khan akan menjauhi konsumsi roti dan nasi putih, serta tetap mengonsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam dan kalkun.

Ia juga makan banyak putih telur dan paneer, serta mendapatkan asupan karbohidratnya dari sayur-sayuran, legume, dan gandum utuh.

Ketika menginginkan gula atau sesuatu yang manis, ia akan mengonsumsi buah-buahan dan minum minuman protein setelah berolahraga.

@kompas.lifestyle Hayo, siapa nih yang hobi rebahan? Nih, dengerin deh, ada pesan dari Asri Welas buat kamu si kaum rebahan. Semoga habis ini enggak keterusan rebahan ya!???? Penulis naskah: Chrisstella Efivania Rosaline Video editor: Chrisstella Efivania Rosaline Produser: Nabilla Tashandra #kaumrebahan #tipsolahraga #asriwelas ? Gud - Monika Moni
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com