Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara untuk Memperlambat Usia Biologis agar Awet Muda

Kompas.com - 06/02/2024, 06:48 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Semua orang ingin awet muda dan kalau bisa tidak ingin terlihat menua. Namun penuaan pasti terjadi dan tidak bisa kita hindari.

Meski demikian kita sebenarnya bisa memperlambat penuaan biologis, dengan beberapa cara yang terbukti secara ilmiah. 

Dalam penelitian yang menganalisis lebih dari 6.500 orang dewasa, sebuah studi baru menemukan hubungan yang jelas antara kesehatan kardiovaskular dan penuaan biologis yang lebih lambat. 

Studi tersebut menemukan bahwa orang dewasa dengan kesehatan kardiovaskular yang baik secara biologis berada sekitar enam tahun lebih muda dibandingkan usia kronologis mereka. 

“Kami menemukan bahwa kesehatan kardiovaskular yang lebih tinggi dikaitkan dengan perlambatan penuaan biologis, yang diukur dengan usia fenotipik. Kami juga menemukan hubungan yang bergantung pada level – ketika kesehatan jantung meningkat, penuaan biologis menurun,” ujar penulis senior studi Nour Makarem, Ph.D. 

“Usia fenotipik adalah alat praktis untuk menilai proses penuaan biologis tubuh kita dan merupakan prediktor kuat terhadap risiko penyakit dan kematian di masa depan,” lanjut Makarem yang juga asisten profesor epidemiologi di Mailman School of Public Health di Columbia University Irving Medical Center di New York City. 

Baca juga: Tips Mencapai Usia Biologis Lebih Muda

Para peneliti juga menemukan bahwa delapan kebiasaan, yang disebut Life's Essential 8, dapat membantu kita hidup lebih lama.

8 Cara untuk memperlambat usia biologis

Ilustrasi makan sayuranshutterstock Ilustrasi makan sayuran

1. Pola makan sehat

Tidak mengherankan jika mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan umur panjang. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara pola makan yang buruk dan peningkatan penyakit jantung.

Jalan kaki selepas sarapan terbukti bisa menurunkan kadar gula dalam darah.SHUTTERSTOCK Jalan kaki selepas sarapan terbukti bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Lebih aktif bergerak

Hal lain yang tidak perlu diragukan lagi: Bergerak lebih banyak baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan peluang kita untuk hidup lebih lama.

Baca juga: Catat! Ini 4 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Aktif Bergerak

Ilustrasi berhenti merokok Nopphon Pattanasri Ilustrasi berhenti merokok

3. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama kanker yang dapat dicegah. Para peneliti menyatakan bahwa berhenti merokok dapat membantu meningkatkan peluang seseorang untuk hidup lebih lama.

Bahaya tidur terlalu lama.FREEPIK/GPOINTSTUDIO Bahaya tidur terlalu lama.

4. Tidur cukup dan berkualitas

Tidur lebih banyak dan hidup lebih lama, kata para peneliti. Menurut Sleep Foundation, tidur yang cukup dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kesehatan jantung, mengatur gula darah, meningkatkan fungsi mental, memulihkan sistem kekebalan tubuh, membantu menghilangkan stres, dan membantu penurunan berat badan.

Baca juga: Manfaat Cukup Tidur untuk Performa Otak

Ilustrasi menimbang berat badanshutterstock Ilustrasi menimbang berat badan

5. Pertahankan berat badan yang sehat

Mempertahankan berat badan yang sehat, yang umumnya melibatkan pola makan dan olahraga yang baik (keduanya ada dalam daftar) juga akan meningkatkan umur panjang.

Ilustrasi kolesterol.SHUTTERSTOCK/Andrey_Popov Ilustrasi kolesterol.

6. Mengendalikan kolesterol

Jika kamu ingin hidup lebih lama, kendalikan kolesterolmu, kata para peneliti. Sekali lagi, ini mungkin melibatkan perbaikan pola makan dan olahraga.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami, Menurut Dokter

Gula darah rendah atau hipoglikemia memiliki beberapa penyebab. Jika dibiarkan saja, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius.Shutterstock/Jinning Li Gula darah rendah atau hipoglikemia memiliki beberapa penyebab. Jika dibiarkan saja, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

7. Perhatikan gula darah

Cara lain terkait diet agar kita bisa hidup lebih lama adalah dengan memerhatikan gula darah, pastikan stabil. Lagi-lagi ini terkait pola makan ya.

Ilustrasi tekanan darah rendahThe Conversation Ilustrasi tekanan darah rendah

8. Kelola tekanan darah

Yang terakhir, para peneliti merekomendasikan pengelolaan tekanan darah. Jika tekanan darahmu terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang fatal.

Baca juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com