Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Makan Kacang Almond Bisa Bikin Wajah Tampak Awet Muda?

Kompas.com - 22/01/2024, 16:16 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memakai skincare secara rutin seringkali dikaitkan dengan kulit wajah yang tampak lebih muda dan mencegah kerutan.

Tak heran, bila banyak orang akhirnya menghabiskan banyak uang untuk membeli produk skincare agar terlihat awet muda.

Namun para ahli mengatakan, tanpa kebiasaan gaya hidup tertentu, kita tidak mungkin melihat hasil drastis yang kita inginkan.

Kebiasaan tersebut misalnya, tetap terhidrasi dan mengonsumsi makanan sehat dan ramah untuk kulit. Hal ini akan membawa manfaat lebih besar daripada kebanyakan produk yang menjanjikan penampilan yang lebih muda.

Secara khusus, sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi kacang almond dapat membuat kita terlihat lebih muda.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Almond Baik Bagi Kesehatan

Lantas, benarkah dengan mengonsumsi kacang almond bisa bikin wajah kita tampak awet muda?

Manfaat kacang almond untuk kulit wajah

Dalam studi tersebut, tim peneliti mengumpulkan 56 wanita pasca-menopause yang rentan terhadap tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, termasuk keriput dan pigmentasi yang tidak merata.

Selama 24 minggu masa studi, setengah dari wanita tersebut diinstruksikan untuk mengonsumsi 20 persen kalori mereka dalam bentuk kacang almond.

Sementara setengah lainnya mengonsumsi camilan yang sesuai dengan kalori dengan profil nutrisi yang berbeda.

Setelah 16 minggu, para peneliti menemukan bahwa tingkat keparahan kerutan rata-rata menurun sebesar 15 persen pada kelompok yang mengonsumsi almond, dibandingkan dengan kelompok camilan alternatif.

Pada minggu ke-24, hasilnya tetap stabil, dengan penurunan kerutan sebesar 16 persen secara keseluruhan.

Baca juga: 9 Manfaat Kesehatan dari Kacang Almond

Tim peneliti juga mencatat bahwa selama periode penelitian yang sama, intensitas pigmen wajah menurun sebesar 20 persen pada kelompok almond.

Para peneliti mengatakan, ketika kita mengonsumsi almond sebagai bagian dari diet rutin, ada beberapa alasan mengapa kita mungkin melihat kulit yang tampak lebih muda.

Pertama karena almond mengandung alfa-tokoferol, yakni suatu bentuk vitamin E dengan fungsi antioksidan dan fotoprotektif terhadap radiasi ultraviolet tipe A yang terlibat dalam pengembangan keriput dan ketidakrataan pigmen.

Selain itu, nutrisi dalam almond diketahui juga dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan tingkat peradangan, yang keduanya dapat memengaruhi penampilan kulit kita.

Baca juga: 5 Rahasia Awet Muda secara Alami Tanpa Perawatan di Klinik

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com