Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2023, 13:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Fortune

KOMPAS.com - Bill Dorfman, seorang dokter gigi kosmetik berusia 64 tahun di South California, Amerika Serikat, mengaku bangga dengan penampilannya yang lebih muda dari usianya.

Dia mengaku, pencapaian itu terjadi bukan semata karena gen yang baik dalam tubuhnya, tapi juga rutinitas olahraga harian yang dia jalani.

Tiga hari dalam seminggu ia fokus pada latihan otot perut dan kardio; hari lainnya dia pakai untuk mengangkat beban ringan dengan repetisi tinggi.

Dorfman mengaku mulai serius berolahraga setelah jeda selama sekolah kedokteran gigi ketika dia sering mulai merasa kesakitan.

Saat itulah dia menyadari bahwa kebugarannya telah menurun setelah bertahun-tahun menjadi perenang dan pesenam di sekolah menengah.

Baca juga: Rebahan Enggak Selalu Buruk, Ada Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

"Apa yang saya temukan adalah semakin sering saya berolahraga, semakin baik yang saya rasakan," kata dia, seperti dilansir laman Fortune.

Di luar gym, dia memuji kebiasaan bermain "Words With Friends" yang dilakukannya setiap hari untuk menjaga pikirannya tetap tajam.

Words with Friends adalah permainan kata multiplayers di komputer yang dikembangkan oleh Newtoy.

Para pemain bergiliran membangun kata-kata dengan gaya teka-teki silang, persis seperti cara para permainan papan klasik Scrabble.

Selain itu, dia juga membuat rencana makan malam dengan berbagai teman untuk tetap terhubung secara sosial.

Kebiasaan kesehatan Dorfman menggarisbawahi bahwa salah satu kunci untuk hidup lebih lama adalah rejimen kebugaran - tetapi juga kebugaran mental dan emosional.

"Kita benar-benar perlu melihat kehidupan orang dewasa yang lebih tua dengan lensa holistik-jika mereka benar-benar bahagia, sehat, dan utuh."

Demikian komentar Dor Skuler, salah satu pendiri dan CEO Intuition Robotics dan pakar problem kesepian pada orang dewasa yang menua.

Berikut ini adalah empat cara untuk fokus pada kebugaran seluruh tubuh seiring bertambahnya usia.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com