Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Produk Kecantikan Mulai Banyak Diburu

Kompas.com - 28/03/2024, 04:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain produk fesyen, orang-orang juga sudah mulai berburu produk kecantikan seperti skincare dan kosmetik (makeup) menjelang Lebaran.

Menurut Head of Marketing Guardian Indonesia, Malvin Tarigan, tren pembelian produk kecantikan di bulan Ramadhan tahun ini pun terlihat mengalami peningkatan.

"Jika tahun lalu masih back to normal, sekarang bisa dibilang sudah benar-benar normal, ya. Jadi pasti itu akan berpengaruh terhadap tren pembelian pelanggan," katanya dalam acara Media Class Hero Group di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Baca juga:

Malvin menambahkan, pada awal bulan puasa, pengeluaran masih fokus pada makanan, terutama untuk persiapan sahur dan berbuka.

Sementara jelang akhir bulan puasa, pembelian produm kecantikan mulai meningkat.

"Nah, mulai minggu-minggu ini trennya sudah masuk ke fesyen dan juga beauty," sambung dia.

Meski begitu, Malvin tidak menjelaskan secara spesifik produk apa saja yang diincar oleh para pelanggan untuk Lebaran.

Tetapi, beberapa produk yang mendukung kebutuhan kulit masih dicari.

"Misalnya, yang punya kulit kering pasti akan memilih produk yang melembapkan. Sedangkan yang kulitnya berminyak pasti akan membutuhkan produk khusus untuk itu," terangnya.

Produk skincare untuk laki-laki

Sebagian besar produk kecantikan seperti skincare sampai saat ini masih didominasi perempuan. Namun, Malvin tidak memungkiri jika pembelian produk untuk konsumen laki-laki meningkat.

"Laki-laki juga sekarang punya kebutuhan grooming. Bahkan banyak merek yang mengeluarkan skincare untuk laki-laki," katanya.

Baca juga:

Ia merinci, beberapa produk perawatan yang banyak dicari untuk laki-laki seperti sabun cuci muka, produk cukur, dan skincare.

"Apalagi sekarang udara makin panas, laki-laki juga butuh pelembap dan sunscreen untuk melindungi kulit mereka," tambah dia.

Adapun peningkatan kebutuhan skincare saat bulan Ramadhan bukan tanpa alasan. Sebab, ada banyak aktivitas yang menurutnya membuat orang-orang perlu tampil menarik.

"Sebenarnya kalau di hari-hari biasa orang ada saja yang datang membeli produk kecantikan, namun di Ramadhan ini bisa meningkat karena ada aktivitas tambahan seperti acara bukber sampai nanti Lebaran," ujar Malvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com