BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Cussons Baby

Tips Jitu Mudik Happy Bareng si Kecil

Kompas.com - 04/04/2024, 13:56 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Ramadhan memasuki minggu keempat. Gema mudik pun mulai terasa. Bagi sebagian orang, tradisi ini menjadi momen menyenangkan karena bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Namun, bagi para ibu, mudik bersama si kecil bisa menghadirkan kekhawatiran tersendiri karena penuh tantangan.

Maka dari itu, persiapan matang perlu dilakukan agar menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan aman selama mudik Lebaran.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum berangkat mudik? Berikut adalah ulasannya.

Baca juga: Puncak Arus Mudik di Jalur Banyumas Diprediksi Tanggal 7-8 April 2024

1. Pilih moda transportasi yang nyaman dan aman

Untuk memastikan perjalanan mudik nyaman dan aman bersama buah hati, memilih moda transportasi yang tepat adalah kunci utama.

Kereta api dan pesawat menawarkan kenyamanan dan keamanan ekstra ketimbang moda transportasi lain. Ini lantaran kedua transportasi tersebut dapat terhindar dari kemacetan yang sering terjadi di jalan raya.

Kereta api juga menyediakan ruang yang lebih lega untuk bergerak sehingga anak-anak tidak merasa terkungkung selama perjalanan.

Sementara, pesawat menjadi pilihan ideal bila ingin menghemat waktu perjalanan. Pastikan memilih maskapai penerbangan yang menyediakan layanan khusus untuk anak-anak, seperti kursi khusus, makanan anak, dan hiburan dalam penerbangan.

Jika menggunakan mobil pribadi, pertimbangkan rute yang akan dilewati. Pastikan rute tersebut memiliki akses mudah ke fasilitas publik 24 jam seperti rumah makan, ATM, dan minimarket. Hal ini penting untuk mengantisipasi kebutuhan selama perjalanan, terutama jika si kecil membutuhkan makanan atau keperluan lainnya.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Saat Mudik Lebaran

2. Cek kondisi kendaraan

Bila memutuskan mudik dengan mobil pribadi, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum berangkat, terutama kondisi kendaraan.

Pastikan mobil Anda dalam keadaan prima dengan melakukan servis rutin sebelum mudik. Periksa juga kondisi oli mesin, air radiator, tekanan ban, rem, lampu-lampu, dan semua komponen penting lainnya. Jangan lupa membawa peralatan standar seperti dongkrak, kunci-kunci, dan ban serep.

Karena membawa si kecil, perhatikan pula keselamatannya dengan menyediakan car seat yang sesuai dengan usia dan berat badan. Tempat duduk khusus ini akan membantu melindungi anak dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Begini Cara Memilih Rute Perjalanan Mudik Lebaran yang Tepat

3. Pilih waktu keberangkatan

Perhatikan kebiasaan tidur anak. Jika ia terbiasa tidur siang, pilihlah waktu berangkat di luar jam tidur siangnya. Hal ini dapat membantunya tetap tenang dan tidak rewel selama perjalanan.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berangkat pada malam hari. Anak-anak yang kelelahan setelah seharian beraktivitas akan lebih mudah tertidur di dalam kendaraan.

Hindari berangkat di pagi hari saat anak-anak masih mengantuk dan rewel. Hal ini dapat membuat perjalanan menjadi lebih sulit dan melelahkan bagi Anda dan anak.

Baca juga: Mudik Nyaman Bersama Cussons, Ibu Tenang dan Anak Senang!

4. Pastikan anak dalam kondisi sehat

Memastikan kesehatan anak sebelum mudik bukan hanya tentang memastikan tubuhnya tidak sedang sakit.

Lebih dari itu, lengkapi jadwal imunisasi atau vaksin anak agar terhindar dari berbagai penyakit menular selama perjalanan. Vaksinasi yang lengkap akan memberikan perlindungan ekstra bagi si kecil, terutama saat berada di tempat ramai seperti terminal, stasiun, atau bandara.

Selain itu, perhatikan juga kondisi fisik dan mental anak. Pastikan mereka cukup istirahat dan tidak kelelahan sebelum berangkat. Perjalanan mudik yang panjang dapat menguras energi, terlebih bagi anak-anak.

Jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti alergi atau asma, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mudik.

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran, Begini Cara Isi Saldo E-toll Mandiri dan BCA

5. Persiapkan barang bawaan

Salah satu aspek penting yang tak boleh luput adalah perihal barang bawaan anak. Pastikan Anda telah menyiapkan pakaian yang sesuai dengan durasi dan tujuan wisata, termasuk baju ganti.

Tak lupa, masukkan pula obat-obatan dan vitamin untuk menjaga kesehatan, apalagi jika anak mengalami masalah kesehatan tertentu. Tisu basah dan kering juga perlu dibawa untuk menjaga kebersihan.

Siapkan pula cemilan dan susu favorit anak agar mereka tetap terhidrasi dan ceria selama perjalanan. Mainan dan benda-benda hiburan lainnya juga tak boleh ketinggalan untuk mengusir kebosanan selama perjalanan.

Perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, sikat dan pasta gigi, serta losion jangan sampai terlupakan. Perlengkapan khusus anak seperti travel cot, perlak, dan popok juga perlu dibawa, terutama bagi anak yang masih balita.

Baca juga: 6 Tips Aman Mudik Bersama Anak menurut IDAI

Jika anak masih dalam masa ASI dan MPASI, siapkan pula peralatan makan dan minum khusus mereka. Kemas semua barang bawaan jauh-jauh hari agar tidak ada yang tertinggal dan perjalanan bersama si kecil dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Mudik tahun ini akan terasa lebih istimewa bersama si kecil. Sebab, Cussons menghadirkan kampanye spesial "Si Kecil Hepi Mudik Hepi" dengan berbagai hadiah menarik. Kampanye ini berlangsung sejak 1 Maret-30 April 2024.

Cukup dengan membeli produk Cussons senilai Rp 40.000, Anda berkesempatan mendapatkan gift voucher Traveloka senilai Rp 10.000. Setiap konsumen berhak mendapatkan maksimal enam voucer selama periode program, dengan total nominal voucer yang diterima mencapai Rp 60.000.

Baca juga: 10 Tips Mudik Pakai Mobil agar Tetap Nyaman dan Menyenangkan

Bagi Anda yang lebih suka berbelanja online, Cussons juga menyediakan voucher Traveloka bernilai sama di Official Store Cussons. Syaratnya, Anda cukup lakukan pembelian Rp 80.000 yang di dalamnya terdapat pembelian produk Cussons Baby atau Cussons Kids minimal Rp 40.000.

Keseruan mudik bersama Cussons tidak berhenti di situ. Di akhir periode program, akan ada kesempatan bagi para top spender untuk memenangkan voucer belanja bulanan senilai Rp 2 juta.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan tersebut, ya! Wujudkan pengalaman mudik yang menyenangkan dan berkesan bersama Cussons.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://cussonsbaby.supermomscommunity.com/supermoms atau segera daftar melalui WhatsApp Business Cussons Supermoms di nomor 081190006007.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com