Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Bernostalgia Lewat Lagu "End Of Beginning"

Kompas.com - 24/04/2024, 14:54 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Karissa Veren & Niken Widi Astuti*

SAAT ini, lagu 'End Of Beginning' menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat terutama di media sosial.

Bermula viral pada aplikasi TikTok, lagu tersebut berhasil menduduki peringkat 16 pada kategori lagu alternatif populer di Billboard.

'End of Beginning' karya Djo atau Joe Keery menceritakan tentang seseorang yang mengungkapkan rasa rindu terhadap dirinya di masa lalu dengan bernostalgia.

Apa itu nostalgia?

Nostalgia dapat diartikan sebagai kerinduan akan masa lalu. Walau masa lalu sering dikaitkan dengan pengalaman pahit, tetapi nostalgia tidak hanya terbatas akan hal itu.

Misal, seseorang dapat bernostalgia ketika mengingat kembali masa-masa menyenangkan di hidupnya seperti kenangan-kenangan indah dari teman dekat ketika berada di jenjang sekolah dasar.

Dalam lagu 'End Of Beginning', terdapat bait yang berbunyi "And when I'm back in Chicago, I feel it. Another version of me, I was in it."

Bait tersebut menyiratkan ketika berada di Kota Chicago, Djo mengalami nostalgia. Ia kembali mengingat masa-masa yang dihabiskan pada kota tersebut.

Dalam sebuah wawancara, Djo mengatakan, dirinya terpaksa meninggalkan Kota Chicago untuk menjadi seorang aktor.

Dengan menampilkan lagu 'End Of Beginning', para pengguna TikTok membuat tren yang menunjukkan kenangan berharga dan kerinduan mereka terhadap suatu kota.

Namun, banyak juga yang melalui tren tersebut membagikan berbagai pengalaman pribadi dan momen penting dalam hidup mereka. Contohnya, momen kelulusan jenjang perkuliahan atau acara pernikahan.

Apa yang menyebabkan seseorang melakukan nostalgia?

Tidak hanya melalui lagu seperti 'End Of Beginning', seseorang dapat bernostalgia karena banyak hal. Beberapa di antaranya adalah wangi, rasa, benda, film, tempat hingga waktu.

Banyak orang yang setelah berpisah dengan pasangannya melakukan nostalgia ketika menemukan barang pemberian atau menyantap makanan favorit pasangannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com