Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Permanen? 

Kompas.com - 08/05/2024, 10:44 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Bulu ketiak dianggap mengganggu penampilan bagi sebagian orang, terutama perempuan. Oleh sebab itu, sebagian perempuan mencari cara menghilangkan bulu ketiak permanen. 

Tanpa bulu ketiak, sebagian perempuan merasa lebih percaya diri saat tampil mengenakan busana yang terbuka di bagian lengan. 

Baca juga: Seberapa Sering Bulu Ketiak Perlu Dicukur?

Cara menghilangkan bulu ketiak permanen 

Ilustrasi cara menghilangkan bulu ketiak permanenFREEPIK/JCOMP Ilustrasi cara menghilangkan bulu ketiak permanen

Berikut sejumlah cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen, seperti dilansir Healthline. Menghilangkan bulu ketiak secara permanen hanya dapat dilakukan melalui tindakan perawatan profesional. 

Selebihnya, cara menghilangkan bulu ketiak lain hanya dapat mencegah rambut tumbuh dalam jangka pendek maupun lebih lama, tetapi tidak permanen. Misalnya waxing, shaving, ataupun krim penghilang bulu.  

1. Elektrolisisi

Salah satu cara menghilangkan bulu ketiak permanen yakni dengan metode elektrolisis. Metode ini menggunakan frekuensi radio gelombang pendek yang didistribusikan melalui jarum halus langsung ke folikel rambut. 

Tujuannya, menghancurkan folikel rambut sehingga tidak merangsang pertumbuhan rambut baru. Perlu diingat bahwa prosedur ini harus dilakukan oleh dokter kulit atau ahli elektrologi bersertifikat.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS telah mengakui bahwa metode elektrolisis ini, sebagai solosi permanen menghilangkan bulu ketiak. Untuk hasil terbaik, pasien perlu beberapa kali tindakan elektrolisis. 

Kekurangan metode elektrolisis ini adalah biaya yang cukup menguras kantong. Satu kali tindakan elektrolisis membutuhkan biaya yang beragam, antara Rp 400.000 hingga Rp 1 jutaan. 

Baca juga: Tempat Terbaik Cukur Bulu Ketiak adalah di Kamar Mandi, Mengapa?

2. Laser

Metode selanjutnya yakni menggunakan laser. Serupa dengan elektrolisis, prosedur laser untuk menghilangkan bulu ini harus dilakukan oleh profesional. 

Prosedur ini juga menargetkan folikel rambut, dengan laser panas tinggi untuk merusak folikel rambut sehingga menghentikan pertumbuhan rambut baru. Tidak hanya bulu ketiak, prosedur laser juga bisa digunakan untuk menghilangkan rambut di area tubuh lainnya kecuali mata. 

Perawatan ini cenderung bekerja efektif pada orang dengan warna kulit cerah dan rambut gelap. Serupa dengan elektrolisis, metode laser juga cukup menguras kantong serta butuh beberapa kali tindakan untuk hasil terbaik. 

Kisaran harga laser menghilangkan bulu ketiak antara Rp 500.000 hingga Rp 2 juta untuk sekali tindakan. 

Baca juga: Jangan Asal Cukur Bulu Ketiak, Ini 3 Tips Bebas Iritasi dan Tak Hitam

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com