Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Menaruh Mentimun di Mata Bisa Menghilangkan Kantung Mata?

Kompas.com - 08/05/2024, 11:11 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mungkin kita sering mendengar mitos atau tips-tips unik seputar perawatan mata. Salah satunya adalah klaim bahwa meletakkan irisan mentimun di atas mata dapat mengurangi kantung mata atau menghilangkan mata panda.

Tapi, apakah benar mentimun dapat menjadi solusi ajaib bagi masalah mata tersebut? Adakah manfaat menaruh irisan mentimun pada mata?

Meskipun meletakkan mentimun yang diiris halus di atas mata tidak akan mengubah wajah sepenuhnya, namun cara yang sudah teruji dan terbukti ampuh ini memiliki beberapa manfaat utama.

"Efek pendinginan mentimun dapat mengurangi pembengkakan dan inflamasi sekaligus menstimulasi aliran darah ke kulit," kata dokter kulit bersertifikat Deanne Robinson, MD, FAAD.

Baca juga: Berapa Lama Pakai Mentimun di Mata untuk Lenyapkan Lingkar Hitam?

"Mentimun juga memiliki kandungan air yang tinggi, membuatnya sangat menghidrasi kulit. Jika didiamkan di kulit selama beberapa menit, maka kulit dapat menyerap air ini untuk menyamarkan garis-garis halus," lanjutnya.

Erica Marie Gatt, ahli kecantikan dan pendiri EM Skin, juga sependapat. Ia menambahkan bahwa mentimun kaya akan vitamin C dan K, yang dapat memberikan efek mencerahkan, meminimalisir lingkaran hitam di bawah mata, dan membantu menangkal kerusakan akibat radikal bebas.

"Karena mentimun memiliki sensasi dingin alami - terutama jika digunakan langsung dari lemari es atau freezer - mentimun juga bertindak sebagai vasokonstriktor, memperlambat aliran darah sehingga dapat mengencangkan dan menghaluskan bagian bawah mata," kata Gatt.

Manfaat menggunakan irisan mentimun segar pada mata bisa:

  • Menghidrasi
  • Menenangkan
  • Meminimalkan bengkak
  • Mengencangkan
  • Mengurangi garis-garis halus dan kerutan
  • Mencerahkan lingkaran hitam

Baca juga: Mengatasi Masalah Jerawat dengan Mentimun

Cara menggunakan mentimun pada mata

Langkah 1: Cuci mentimun

Pastikan mentimun dicuci dengan baik dan dibilas secara menyeluruh. Hal ini akan mengurangi kemungkinan bakteri atau kotoran masuk ke dalam mata.

Selain itu, Robinson menyarankan untuk memilih mentimun organik, jika memungkinkan, karena mentimun dikenal mengandung pestisida.

Langkah 2: Uji tempel

"Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya mengetes dahulu dengan menempelkan mentimun di lengan untuk memastikan tidak menyebabkan pembengkakan, apalagi di dekat area mata yang sensitif," saran Gatt.

Biarkan mentimun menempel di kulit selama 10 menit dan pastikan tidak ada kemerahan, iritasi, atau bengkak.

Langkah 3: Iris dan aplikasikan

Jika semuanya baik-baik saja, iris mentimun setebal ¼ inci dan letakkan di atas mata. Kamu dapat mendinginkannya di lemari es selama 15 hingga 30 menit sebelumnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih menenangkan.

Diamkan selama sekitar lima sampai 10 menit, atau sampai hangat, lalu buang.

Langkah 4: Oleskan Pelembap

Kuncilah hidrasi dan vitamin yang baik dengan krim mata yang bagus.

Baca juga: Apakah Mentimun Bisa Menghilangkan Mata Panda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com