Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2024, 15:04 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Baik kamu terlahir dengan rambut halus, sedang mengalami kerontokan rambut sementara, atau mengalami penipisan jangka panjang, wajar jika kamu ingin membuat rambutmu tumbuh lebih tebal. 

Bagaimanapun, rambut yang subur dan berkilau adalah mahkota yang didambakan setiap orang. Meskipun tidak ada jalan pintas yang mudah untuk membuat rambut tumbuh lebih tebal secara instan, ada beberapa langkah yang dapat kita ambil yang akan mendapatkan rambut lebih sehat dan tebal seiring waktu.

Di bawah ini adalah beberapa teknik yang didukung sains yang dapat kamu terapkan dalam rutinitas sehari-hari untuk membantu menebalkan rambut secara alami.

Tips membuat rambut lebih tebal

1. Mengutamakan gizi seimbang

Mengikuti pola makan yang sehat dan seimbang adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk kesehatan secara keseluruhan. Pola makan yang baik juga dapat membantu kulit terlihat cerah dan secara alami membantu menumbuhkan rambut dan kuku.

“Sejumlah kekurangan nutrisi dapat menyebabkan rambut rontok dan patah,” kata Dhaval G. Bhanusali, M.D., dokter kulit bersertifikat dan pendiri Skin Medicinals.

Dia menambahkan, kamu mungkin ingin mencari masukan dari seorang profesional jika masalah ini terus berlanjut. “Dokter dan ahli kulit bisa melihat hal-hal seperti kadar zat besi, vitamin D, tiroid, dan data medis lainnya untuk memastikan kita tidak melewatkan penyebab internal yang berakibat penipisan atau melemahnya rambut,” katanya.

Baca juga: Tips agar Rambut Tebal dan Tidak Rontok

2. Pijat kulit kepala 

Mungkin kedengarannya terlalu sederhana untuk menjadi kenyataan, tetapi ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa memijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami.

“Memijat kulit kepala meningkatkan aliran darah, yang membantu menghasilkan rambut sehat,” jelas Akis Ntonos, M.D., dokter kulit bersertifikat dan salah satu pendiri Aion Aesthetic NYC. “Cara ini juga dapat menyebabkan folikel rambut meregang, sehingga rambut menjadi lebih tebal.”

Dengan menggunakan ujung jari, pijat lembut kulit kepala dalam gerakan melingkar saat keramas atau sebelum mandi. Kamu juga bisa mencoba alat pijat kulit kepala.

3. Lindungi rambut dan kulit kepala dari sinar Matahari

Kita tahu bahwa sinar matahari yang kuat dapat merusak kulit. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari juga dapat berdampak buruk pada rambut dan kulit kepala.

“Sinar UV memicu radikal bebas di batang rambut, yang merusak jaringan ikatan. Hal ini menyebabkan rambut menjadi lebih tipis, patah, dan pudar,” jelas Michael Van Clarke, penata rambut London dan pendiri 3 More Inches Haircare. 

“Jaga agar rambut tetap tertutup saat berada di bawah sinar matahari dengan topi, syal, atau produk perlindungan matahari yang efektif.”

Baca juga: 9 Makanan yang Disarankan untuk Rambut Sehat dan Tebal

4. Minimalkan stres

Kamu tentu tidak asing lagi menghadapi perasaan stres. Tahukah kamu bahwa tingkat stres yang tinggi juga dapat memengaruhi pertumbuhan rambut?

“Seiring dengan meningkatnya stres, tingkat kortisol meningkat yang dapat menyebabkan kerontokan rambut dalam jangka panjang,” jelas Dr. Bhanusali. “Yang lebih akut, ada kondisi yang disebut telogen effluvium yang dikaitkan dengan peristiwa stres seperti pembedahan, trauma, kehamilan, perpisahan, kehilangan orang yang dicintai, dan peristiwa menyedihkan lainnya.”

Meskipun masalah ini hanya bersifat sementara, dibutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun agar rambut kembali ke kondisi normal dan utuh. Semakin cepat kamu mengidentifikasi pemicu stres dan (jika mungkin) menghilangkannya, semakin baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com