Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2024, 16:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Punya pipi tembem atau chubby kerap kali membuat seseorang tidak percaya diri. Namun ternyata, penyebab pipi tembem tidak hanya kelebihan berat badan, lho. 

Sebab, ada beberapa orang yang punya pipi tembem tetapi badannya kurus. Lantas, apa penyebab pipi tembem tapi badan kurus? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Health Match dan Mewing App. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Pipi Tirus secara Alami Tanpa Operasi 

Penyebab pipi tembem tapi badan kurus 

1. Faktor genetik

Ternyata, pipi tembem juga bisa dipicu faktor genetik. Dijelaskan dalam Mewing App, genetika adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi distribusi lemak wajah.

Orang dengan wajah bulat alami, lebih rentan menyimpan lemak di area pipi, dagu, dan leher yang menyebabkan pipi tembem dan double chin. Jadi, meskipun badan mereka kurus, namun faktor genetika menyebabkan pipi tembem dan double chin. 

Namun tenang saja, meskipun kamu mewarisi pipi tembem dari orangtua atau kakek nenek, kamu tetap bisa berupaya mengurangi lemak di wajah dan mengencangkan otot wajah.

2. Pola makan tidak seimbang 

Ilustrasi makan junk foodPEXELS/ANDREA PIACQUADIO Ilustrasi makan junk food

Pola makan tidak seimbang juga bisa menyebabkan pipi tembem. Misalnya, sering mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan, seperti pasta, roti,  minuman manis, sirup, dan sebagainya yang dapat menyebabkan wajah bengkak.

Selain itu, asupan natrium (umumnya terdapat pada garam) juga bisa memicu pipi tembem. Sebab, terlalu banyak natrium bisa menyebabkan tubuh menahan kelebihan air atau retensi cairan sehingga wajah menjadi bengkak. 

Baca juga: Apakah Gua Sha Bisa Meniruskan Pipi?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com