Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Penyebab Pipi Tembem tapi Badan Kurus? 

KOMPAS.com - Punya pipi tembem atau chubby kerap kali membuat seseorang tidak percaya diri. Namun ternyata, penyebab pipi tembem tidak hanya kelebihan berat badan, lho. 

Sebab, ada beberapa orang yang punya pipi tembem tetapi badannya kurus. Lantas, apa penyebab pipi tembem tapi badan kurus? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Health Match dan Mewing App. 

Penyebab pipi tembem tapi badan kurus 

1. Faktor genetik

Ternyata, pipi tembem juga bisa dipicu faktor genetik. Dijelaskan dalam Mewing App, genetika adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi distribusi lemak wajah.

Orang dengan wajah bulat alami, lebih rentan menyimpan lemak di area pipi, dagu, dan leher yang menyebabkan pipi tembem dan double chin. Jadi, meskipun badan mereka kurus, namun faktor genetika menyebabkan pipi tembem dan double chin. 

Namun tenang saja, meskipun kamu mewarisi pipi tembem dari orangtua atau kakek nenek, kamu tetap bisa berupaya mengurangi lemak di wajah dan mengencangkan otot wajah.

Pola makan tidak seimbang juga bisa menyebabkan pipi tembem. Misalnya, sering mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan, seperti pasta, roti,  minuman manis, sirup, dan sebagainya yang dapat menyebabkan wajah bengkak.

Selain itu, asupan natrium (umumnya terdapat pada garam) juga bisa memicu pipi tembem. Sebab, terlalu banyak natrium bisa menyebabkan tubuh menahan kelebihan air atau retensi cairan sehingga wajah menjadi bengkak. 

3. Ketidakseimbangan hormon

Penyebab pipi tembem tapi badan kurus selanjutnya adalah masalah ketidakseimbangan hormon.

Hipotiroidisme, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon, dapat menyebabkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak di dalam tubuh. 

Padahal, fungsi kelenjar tiroid adalah mengatur metabolisme tubuh, sehingga bila tidak berfungsi dengan baik, maka metabolisme melambat dan mengakibatkan penambahan berat badan. Gejala hipotiroidisme lainnya termasuk kelelahan, rambut rontok, dan kulit kering.

Selain itu, kortisol, hormon stres utama, juga dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah dan berkontribusi pada penumpukan lemak di wajah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat dan berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami gejala yang tidak dapat dijelaskan.

Olahraga merupakan cara efektif untuk menurunkan berat badan, sehingga mengurangi penumpukan lemak di wajah yang menyebabkan pipi tembem dan double chin. 

Olahraga paling efektif menurunkan berat badan adalah aktivitas kardiovaskular, atau segala aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantung.

Cobalah untuk melakukan kardio selama 150–300 menit per minggu atau 20–40 menit  per hari. Beberapa contoh kardio antara lain berlari, berjalan kaki, bersepeda, aerobik, dan berenang.

5. Gaya hidup tidak sehat 

Pilihan gaya hidup juga dapat berkontribusi terhadap penumpukan lemak di wajah. Oleh karena itu, mengatur kebiasaan seperti pola makan dan olahraga dapat membantu mengurangi lemak wajah dan mencegah pipi tembem. 

Dengan memiliki pola hidup yang sehat, maka kamu bisa memiliki wajah yang lebih tirus. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/05/14/165000020/apa-penyebab-pipi-tembem-tapi-badan-kurus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke