BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace

Ini Alasan Emas 18K Dipilih untuk Perhiasan, Bukan 24K

Kompas.com - 28/06/2024, 18:51 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Emas telah lama menjadi simbol kekayaan dan keindahan. Namun, ketika berbicara tentang perhiasan, emas yang dipilih kebanyakan memiliki tingkat kejernihan 18 karat (K) ketimbang 24K.

Seperti diketahui, emas 24K terbuat dari 99,9 persen emas murni. Meski bernilai tinggi, dikutip dari The Diamond Pro, emas murni pada dasarnya sangatlah lunak. Hal ini membuatnya gampang tergores atau berubah bentuk.

Karena terlalu lunak, emas 24K juga sulit dibentuk. Bahkan, mudah rusak saat dibuat menjadi perhiasan dengan desain yang kompleks.

Sebaliknya, emas 18K punya daya tahan yang lebih unggul ketimbang emas 24K. Sebab, emas 18K tersusun dari 75 persen emas dan 25 persen logam lain, seperti perak, tembaga, atau paladium.

Meski kuat, emas 18K tetap mudah dibentuk. Bahkan, dapat mengikuti desain rumit dengan banyak detail sekalipun.

Dari segi tampilan, warna emas 18K tidak terlalu mencolok ketimbang emas 24K yang jauh lebih terang dan cenderung jingga. Selain itu, emas 18K juga tidak mudah teroksidasi karena dicampur dengan logam lain. Keunggulan ini menjadikannya lebih dipilih para penggemar perhiasan.

Faktor lain yang menjadikan emas 18K lebih populer sebagai perhiasan daripada emas 24K adalah harganya yang lebih terjangkau. Hal ini mengingat nilai emas ditentukan dari kadar emas yang dimiliki.

Jadi, bagi Anda yang menginginkan perhiasan dengan nilai estetika tinggi tapi tetap terjangkau dari segi harga, emas 18K bisa jadi solusi.

Baca juga: Mengenal Illusion Setting, Teknik Kreatif Menciptakan Berlian Terlihat Lebih Memukau

Menemukan perhiasan emas berkualitas tinggi tidaklah sulit. Salah satu jenama yang bisa jadi pertimbangan adalah The Palace Jeweler.

The Palace Jeweler merupakan merek perhiasan profesional di bawah naungan PT Central Mega Kencana (CMK), bersama Frank & co. dan MONDIAL. Perusahaan ini telah memiliki studio yang didukung oleh lebih dari 1.200 perajin berkemampuan tinggi serta mesin-mesin berteknologi terbaru dan laboratorium untuk quality control.

The Palace Jeweler menjunjung tinggi standar mutu dan keaslian perhiasannya. Setiap perhiasan berlian dan emas yang dibuat memiliki kadar emas yang tepat, yaitu 18K (75,5 persen), sesuai dengan standar internasional dan nasional Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Sertifikasi SNI 8880:2020 yang dimiliki.

Untuk menjamin kepuasan pelanggan, The Palace Jeweler menyediakan layanan pemeriksaan kadar emas dengan karatimeter. Layanan ini tersedia di sejumlah gerainya.

Adapun The Palace Jeweler telah memiliki 60 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh gerainya menerapkan standar pelayanan terbaik guna memfasilitasi kebutuhan pelanggan akan perhiasan dan batu berharga.

Seluruh komitmen itu sejalan dengan tagline yang diusung, yaitu Therlengkap, Therjangkau, Therjamin (3T), dan perannya sebagai salah satu “National Jeweler” ternama di Tanah Air.

Beberapa item perhiasan yang terdapat pada koleksi Perhiasan Berlian Ilusi Tennis. Dok. istimewa Beberapa item perhiasan yang terdapat pada koleksi Perhiasan Berlian Ilusi Tennis.

Sebagai merek perhiasan profesional, The Palace Jeweler menawarkan berbagai koleksi perhiasan yang memadukan keindahan dan ketahanan. Salah satunya adalah Perhiasan Berlian Ilusi Tennis.

Perhiasan Berlian Ilusi Tennis dirancang dengan detail cermat menggunakan bright cut setting dan setting ilusi yang membuat berlian terlihat lebih besar dan berkilau.

Berlian yang digunakan pada koleksi itu memiliki tingkat kejernihan (grade) very slightly included (H VS) sehingga kilaunya tak perlu diragukan lagi. Dipadu dengan emas 18K yang memenuhi standar SNI, Perhiasan Berlian Ilusi Tennis tak hanya indah, tapi juga tahan lama.

Tersedia dalam berbagai pilihan liontin berlian, cincin berlian, dan gelang wanita, Perhiasan Berlian Ilusi Tennis dapat disesuaikan dengan gaya pribadi pemakainya. Perhiasan ini cocok dipakai sehari-hari dan dapat ditumpuk (stacked) dengan perhiasan timeless lain. Selain itu, bisa juga jadi ide hadiah berbeda untuk orang terkasih.

Selain Perhiasan Berlian Ilusi Tennis, The Palace Jeweler juga memiliki koleksi perhiasan lain yang tak kalah berkualitas, seperti Moela Collection.

Moela merupakan lini perhiasan berlian dengan harga terjangkau mulai dari Rp 888.000 sehingga cocok bagi Anda yang mendambakan tampil menawan tanpa perlu menguras dompet.

Opsi lain, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melirik Frank Gold. Dibuat dari material premium dengan menggunakan teknologi Italia terbaru serta mengusung desain klasik dan modern, seluruh item perhiasan pada koleksi Frank Gold terlihat unik, elegan, dan trendi.

Salah satunya terlihat pada lini Geometric Collection yang terdiri dari enam pasang anting-anting emas 18 karat dengan desain geometrik memukau.

Baca juga: Ingin Beli Cincin Emas untuk Kado Spesial? Pahami Dulu Kadar Karat pada Perhiasan

Tak kalah unik, Kekaseh yang merupakan koleksi perhiasan pernikahan hasil kolaborasi CMK dengan Anne Avantie juga wajib dilirik. Desainnya terinspirasi dari keindahan batik Indonesia.

Keindahan yang sama juga bisa ditemukan pada koleksi Nusantara rancangan Samuel Wattimena yang merepresentasikan daerah Indonesia bagian barat. Secara keseluruhan, desainnya merujuk pada ciri khas pending yang dahulu kerap dipakai oleh raja dan ratu sebagai hiasan alat pinggang.

Gelar pameran di Bandara Soekarno Hatta, hadirkan promo menarik, serta jalin kolaborasi baru

Stan pameran koleksi perhiasan The Palace di Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno Hatta.  Dok. The Palace Stan pameran koleksi perhiasan The Palace di Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno Hatta.

Dalam rangka memperkenalkan koleksi perhiasan kepada masyarakat luas, The Palace Jeweler mengadakan Special Jewelry Exhibition di Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta sejak Jumat (5/4/2024).

Di stan pameran tersebut, pengunjung bisa melihat dan membeli berbagai koleksi perhiasan indah dari The Palace Jeweler, yakni Perhiasan Berlian Ilusi, Moela, serta Frank Gold, Kekaseh, dan Nusantara. Stan pameran memiliki desain unit berbentuk cincin sehingga tak sulit untuk menemukannya.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (24/6/2024), General Manager The Palace Jeweler Jelita Setifa mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak Pixel dan Angkasa Pura atas kesempatan yang diberikan untuk menyelenggarakan pameran ini.

Ia juga menjelaskan bahwa pameran tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen The Palace Jeweler untuk memperkenalkan koleksinya kepada masyarakat luas dan mewujudkan konsep 3T.

Baca juga: 5 Serial Netflix tentang Fesyen, Bisa Jadi Inspirasi biar Tampil Stylish

“Sebagai national jeweler, The Palace Jeweler selalu mengedepankan budaya Indonesia dalam setiap koleksinya. Hal ini dilakukan untuk menjadikan perhiasan The Palace Jeweler sebagai karya lokal berkualitas tinggi dengan pelayanan terbaik. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di kancah internasional,” ucapnya.

Liontin limited edition kolaborasi The Palace dan Yamaha Filano Hybrid-Connected. Dok. The Palace Liontin limited edition kolaborasi The Palace dan Yamaha Filano Hybrid-Connected.

The Palace Jeweler juga mengadakan program Kilau Perayaan The Palace yang menawarkan berbagai promo menarik. Salah satunya adalah Gift With Purchase berupa liontin Nusantara spesial.

Kolaborasi dengan Yamaha Indonesia juga menambah daya tarik The Palace Jeweler. Terinspirasi dari bentuk headlamp dan warna Pink Mauve Grand Filano Hybrid-Connected, The Palace Jeweler menghadirkan liontin emas seberat 14 gram. Liontin limited edition ini tersedia di stan Yamaha pada Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2024.

Informasi selengkapnya mengenai koleksi perhiasan berlian dari The Palace Jeweler bisa Anda temukan pada Instagram, TikTok, dan website The Palace Jeweler.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com