Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baby Carrier Disebut Efektif untuk Bonding dengan Bayi, Betulkah?

Kompas.com - 30/06/2024, 20:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBonding atau ikatan yang kuat adalah sesuatu yang didambakan oleh orangtua ketika bayi baru lahir.

Meski ikatan sudah bisa terjalin mulai dari anak-anak masih berada di dalam kandungan, biasanya bidan dan dokter anak menyarankan agar ibu dan ayah menggendong bayi untuk memperkuat ikatan itu.

Baca juga:

Saat usia bayi mulai bertambah, umumnya orangtua mulai berani mengajak si kecil jalan-jalan ke tempat wisata, entah menggunakan baby carrier atau stroller.

Namun, Konsultan Baby Wearing di Nanababycarrier, Belva Rosmarthsida mengatakan bahwa baby carrier lebih efektif untuk digunakan jika orangtua ingin membangun bonding yang lebih baik.

“Secara bonding, lebih efektif gendongan atau baby carrier. Kenapa? Karena menggendong itu dekat sekali antara orangtua dan anak,” ucap dia di sela pameran Mommy N Me di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (28/6/2024).

Selain itu, dalam TICKS sebagai bagian dari panduan menggendong bayi menggunakan baby carrier, ada satu poin yang membantu mempererat ikatan antara orangtua dan anak.

Adapun, TICKS adalah singkatan dari tight, in view all the time, close enough to kiss, keep chin off chest, dan supported back.

Baca juga:

Poin yang merujuk pada ikatan antara orangtua dan anak adalah close enough to kiss. Poin ini mendorong orangtua untuk memposisikan bayinya secara dekat sehingga mereka mudah dicium setiap saat.

“Kalau pergi ke tempat wisata, lebih praktis gendongan juga. Enggak perlu mikirin jalanannya bagaimana. Kalau pakai stroller, perlu menimbang-nimbang nanti jalanannya rusak atau kurang bagus untuk dilewati,” kata Belva.

Selain itu, apabila orangtua tidak membawa terlalu banyak barang bawaan saat jalan-jalan dengan sang buah hati, baby carrier lebih efektif karena memudahkan mereka bergerak di tengah keramaian.

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com