BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Bukan Batu Mulia Biasa, Begini Keunikan Natural Diamond yang Mampu Pancarkan Kilau Abadi

Kompas.com - 01/07/2024, 14:05 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comBerlian merupakan salah satu jenis batu mulia yang populer dijadikan perhiasan. Pancaran kemilau batu tersebut tak sekadar membuat pemakainya lebih percaya diri. Lebih dari itu, berlian juga menjadi simbol keabadian.

Dari beragam jenis, salah satu berlian yang punya pancaran kilau istimewa adalah natural diamond.

Keindahan tersebut berasal dari proses geologis yang panjang dan kompleks. Batu permata ini memiliki nilai 10 skala Mohs yang tertinggi dan terkokoh ketimbang dari batu permata (gemstone) lain.

Dikutip dari laman frankncojewellery, natural diamond berasal dari karbon yang terperangkap dalam lapisan bumi mengalami transformasi menjadi kristal berlian atau disebut metamorfosis berlian alami.

Metamorfosis dimulai ketika karbon terpapar tekanan tinggi dan suhu yang mencapai ribuan derajat Celcius. Tekanan yang kuat di dalam bumi menyebabkan atom-atom karbon saling terikat dengan erat hingga membentuk struktur kristal yang unik.

Proses tersebut memakan waktu jutaan tahun sehingga menghasilkan batu berharga dengan kilau yang tak tertandingi.

Seiring pergerakan tektonik dan proses geologis lain, natural diamond terdorong ke permukaan melalui pipa vulkanik hingga batu permata alami ini pun berpindah ke lokasi baru.

Natural diamond berada pada 150–200 km di bawah permukaan bumi. Suhu rata-rata di kedalaman ini mencapai 900–1300 derajat Celcius dengan tekanan 45–60 kilobar. Oleh sebab itu, penambangan berlian pun membutuhkan tenaga kerja besar dan waktu yang panjang.

Jadi daya tarik utama

Proses panjang dari pembentukan hingga penambangan itu menjadikan natural diamond memiliki keindahan alami dan keunikan tersendiri. Bahkan, kemajuan teknologi memungkinkan penciptaan berlian laboratorium (lab grown diamond), natural diamond tetap menjadi daya tarik utama.

Penambangan natural diamond juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan wajib mengedepankan aspek beretika atau yang dikenal dengan istilah ethical diamond.

Baca juga: Mengenal Natural Diamond serta Penambangan Beretika dan Legal dari Frank & co.

Ethical diamond merupakan berlian alami yang ditambang sesuai dengan semua hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk berkaitan dengan tenaga kerja, keselamatan, serta lingkungan. Saat ini, lebih dari 99 persen berlian di dunia telah disertifikasi sebagai "bebas konflik".

Ethical diamond tidak hanya mengantongi sertifikat bebas konflik, tetapi juga harus menjalankan praktik tenaga kerja bertanggung jawab dan memperhatikan dampak lingkungan.

Praktik tenaga kerja bertanggung jawab mencakup tidak mempekerjakan anak-anak (child labour), eksploitasi, kondisi kerja yang berbahaya, dan perbudakan. Praktik penambangan juga harus bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Pancaran kemilau abadi yang ditambang secara beretika tersebut pun menjadi alasan bagi Frank & co. untuk setia menggunakan natural diamond pada seluruh koleksinya.

Sebagai brand perhiasan yang menjadi The Residence of F Colour and VVS Clarity, Frank & co. memastikan seluruh koleksinya dibuat dari material terbaik dengan tingkat warna F dan kejernihan VVS. Material ini dipasok langsung dari sightholders yang mendapatkan berlian dari tambang bertanggung jawab di seluruh dunia.

Frank & co. memastikan seluruh koleksinya dibuat dari material terbaik dengan tingkat warna F dan kejernihan VVS.Frank & co. Frank & co. memastikan seluruh koleksinya dibuat dari material terbaik dengan tingkat warna F dan kejernihan VVS.

Frank & co. juga bekerja sama dengan tiga perusahaan tambang berlian terbesar dan paling bertanggung jawab di dunia guna memastikan bahwa setiap bentuk perhiasan menggunakan berlian alami dari tambang yang bertanggung jawab, baik terhadap kesejahteraan pekerja maupun lingkungan.

Kualitas dan komitmen tersebut pun membuat koleksi Frank & co. tak hanya memperindah penampilan, tetapi juga menjadi statement pieces bagi pemakainya.

Baca juga: 5 Cara Pancarkan Inner Brilliance, Bikin Wanita Cantik Seutuhnya

Salah satu koleksi unggulan Frank & co. yang menggunakan natural diamond adalah Frank Fire Collection. Koleksi itu mencakup Alegria yang bermakna kebahagiaan, Peony yang mengekspresikan keindahan hidup, dan Regale yang penuh romansa.

Kemudian, ada pula Frank Fire Alegria Deluxe Edition yang diluncurkan bertepatan pada perayaan Frank & co. 28th Anniversary.

Sebagai informasi, Frank Fire Alegria Deluxe Edition merupakan koleksi ikonik Alegria dengan tambahan elemen pink sapphire yang memperindah setiap perhiasan dengan keanggunan dan makna mendalam.

Kehadiran pink sapphire itu tidak hanya menambahkan sentuhan keindahan visual, tetapi juga memberikan makna yang dalam pada setiap perhiasan. Pink sapphire ini menjadi simbol dari kelembutan, kehangatan, dan kelembutan cinta yang memperkaya setiap detail dari desain ini.

Frank Fire Alegria Deluxe Edition.Frank & co. Frank Fire Alegria Deluxe Edition.

Kemudian, ada pula koleksi perhiasan emas Frank Gold berbahan dasar plain gold 18K yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Koleksi ini dibuat menggunakan desain dan teknologi tinggi dari Italia. Teknologi ini dikenal menghasilkan koleksi perhiasan up to date dan fashionable sesuai dengan tren perhiasan internasional.

Selain untuk perempuan, Frank & co. juga meluncurkan koleksi perhiasan pria El Primo. Nama koleksi ini diambil dari kata “il primo” yang berarti “yang pertama” atau “yang diutamakan”.

Perhiasan berlian eksklusif pada koleksi El Primo mengusung konsep simpel dan modern serta sarat akan unsur maskulin. El Primo menggunakan material berlian dengan kualitas F color VVS clarity. Kesan modern perhiasan ini kian kuat berkat penggabungan material emas dan black rhodium.

Selaras dengan Maudy Ayunda

Menandai perjalanan 28 tahun pada industri perhiasan berlian mewah, Frank & co. pun berkolaborasi dengan aktris Maudy Ayunda sebagai brand ambassador.

Maudy Ayunda dianggap sebagai sosok inspiratif yang memiliki keselarasan nilai dan aspirasi dengan kecemerlangan produk-produk Frank & co. Wanita yang juga kerap dipandang sebagai “berlian” langka dan berharga itu dapat mewujudkan esensi identitas merek Frank & co.

Baca juga: Mengintip 4 Tren Fesyen di Paris Fashion Week 2023

Kemampuan Maudy untuk terhubung dan menginspirasi generasi muda pun selaras dengan misi Frank & co. untuk tetap menjadi merek yang dicintai dan disayangi oleh generasi mendatang.

Frank & co. berkolaborasi dengan aktris Maudy Ayunda sebagai brand ambassador. Frank & co. Frank & co. berkolaborasi dengan aktris Maudy Ayunda sebagai brand ambassador.

Komitmen Maudy Ayunda yang tak tergoyahkan terhadap keunggulan mencerminkan dedikasi Frank & co. dalam menyediakan berlian dan perhiasan dengan kualitas terbaik.

Seperti Maudy yang mengupayakan kesempurnaan dalam usahanya, Frank & co. juga memilih dan memoles natural diamond secara cermat guna memastikan bahwa setiap bagian adalah mahakarya dengan kualitas atau keahlian terbaik.

Kolaborasi dengan Monica Ivena dan Cinta Laura

Kecemerlangan natural diamond Frank & co. juga membawanya berkolaborasi dengan desainer Monica Ivena lewat koleksi bertajuk “Love Poetry”.

Kolaborasi tersebut hadir untuk merayakan personalisasi dalam cinta. Menurut Monica, koleksi ini merupakan ungkapan perasaan cinta yang mendalam, seperti saat menulis puisi yang unik, spesifik, dan sangat personal.

Lewat kolaborasi itu, Frank & co. serta Monica Ivena menciptakan Couple Ring dan Promise Ring untuk merayakan kisah cinta pasangan. Kolaborasi ini hadir lewat lima desain, yakni Amorem, Prismata, Fidelis, Amare, dan Marea.

Baca juga: Bukan Sekadar Penunjang Penampilan, Ternyata Ketiga Jenis Perhiasan Ini Juga Punya Makna Lain

Promise Ring dilengkapi dengan berlian serta pink sapphire yang merupakan manifestasi cinta sejati. Pink sapphire menjadi pilihan batu mulia yang sempurna untuk Promise Ring karena mampu menciptakan kesan manis, feminin, dan penuh imajinasi, seperti gaya khas Monica Ivena.

Pink sapphire tidak hanya melambangkan cinta, tetapi juga keanggunan dan kasih sayang. Dengan sentuhan pink sapphire, cincin ini menggambarkan kelembutan cinta sejati.

Sementara itu, Promise Ring merupakan cerminan sempurna dari keunikan Monica Ivena dan keahlian Frank & co. dalam merangkai detail yang memukau sehingga terangkai menjadi janji untuk mencintai dengan penuh keanggunan dan kelembutan.

Koleksi Love Poetry Frank & co.Frank & co. Koleksi Love Poetry Frank & co.

Setiap desain Couple Ring dan Promise Ring dibuat secara hati-hati menggunakan emas 18k berkualitas dan berlian yang dikurasi ketat.

Melalui koleksi Love Poetry, Monica mengajak semua orang untuk merayakan dan mengungkapkan kisah cinta. Sebab, setiap cincin tidak hanya menceritakan tentang cinta, tetapi juga perjalanan bersama orang yang dicintai.

Tak sampai di situ, kolaborasi Frank & co. dan Monica juga berhasil menyempurnakan tampilan memukau Cinta Laura Kiehl di Red Carpet Festival Film Cannes 2024, Cannes, Prancis.

Kala itu, Cinta Laura tampil dengan gaun putih anggun bertabur payet dan bulu-bulu karya Monica Ivena. Tampilan ini dipadukan dengan set perhiasan berlian dari koleksi Frank & co.

Perpaduan sempurna antara gaun Monica Ivena dan perhiasan berlian Frank & co. menjadikan Cinta Laura sebagai salah satu bintang paling berkilau di Red Carpet Cannes Film Festival 2024 dengan look yang memancarkan kecantikan, aura, dan keanggunan.

Kolaborasi Frank & co., Monica Ivena, dan Cinta Laura di Cannes Film Festival 2024 merupakan persembahan istimewa sekaligus bentuk komitmen kuat Frank & co. dalam mendukung talenta lokal dan merayakan keindahan wanita Indonesia di kancah internasional.

Informasi lengkap mengenai koleksi Frank & co. bisa diakses melalui laman resmi dan akun Instagram Frank & co.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com