Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Berumur Panjang di Dunia Melakukan Olahraga Mudah 5 Menit Saja

Kompas.com - 02/07/2024, 15:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Satu buah apel setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter, begitu kata pepatah. Namun kita bisa menambahkan: aktivitas fisik lima menit setiap hari dapat meningkatkan umur panjang selama bertahun-tahun.

Hal ini setidaknya terlihat pada penduduk zona biru di Okinawa, Jepang, yang program olahraganya mendukung kehidupan warga di sana yang bahagia dan sehat, serta usianya mencapai seratus tahun lebih.

Sudah menjadi rahasia umum dan didukung penelitian bahwa olahraga teratur dapat membantu pengelolaan berat badan, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes, serta kondisi kesehatan lainnya. 

Namun yang kurang diketahui adalah kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu di gym untuk mendapatkan manfaat ini. Dengan menggerakkan tubuh selama lima menit setiap hari, kita mungkin menambah usia hidup lebih panjang, dan masyarakat Okinawa adalah bukti nyata dari hal tersebut.

Baca juga: Cara Hidup Agar Panjang Umur Menurut Penduduk di Zona Biru

Pulau Okinawa di Jepang adalah salah satu dari lima zona biru asli, yang didefinisikan sebagai tempat di dunia dengan populasi paling sehat dan berumur panjang. Di masa lalu, Okinawa disebut sebagai "tanah abadi", menurut penjelajah National Geographic dan pakar umur panjang Dan Buettner.

Melalui penelitiannya, Buettner menemukan bahwa "Orang Okinawa memiliki lebih sedikit penyakit kanker, penyakit jantung, dan demensia dibandingkan orang Amerika, dan wanita di sana hidup lebih lama dibandingkan wanita mana pun di planet ini." 

Panduan masyarakat Okinawa untuk berumur panjang yang sehat dan bahagia berakar pada beberapa praktik umum yang sederhana, termasuk mengonsumsi pola makan nabati, berkebun, dan mengembangkan jaringan sosial yang menyenangkan.

Namun, prinsip penting lainnya yang dipatuhi oleh para centenarian Okinawa setiap hari adalah tetap aktif melalui radio taiso.

Baca juga: 9 Aturan agar Bisa Panjang Umur

Saat melakukan penelitian untuk buku Ikigai: Rahasia Orang Jepang untuk Hidup Panjang dan Bahagia, penulis Héctor García dan Francesc Miralles mempelajari perilaku dan praktik sehari-hari penduduk Okinawa.

Mereka mengamati bahwa "kita tidak perlu pergi ke gym selama satu jam setiap hari atau lari maraton… yang kita butuhkan hanyalah menambahkan gerakan pada hari kita." 

Bentuk gerakan favorit penduduk Okinawa disebut radio taiso atau "rajio tais?". Latihan Jepang ini dimulai pada tahun 1920-an dan masih disiarkan di radio setiap pagi pada pukul 6:30 pagi, menurut situs yang didedikasikan untuk pendidikan radio taiso.

Radio taiso adalah latihan intensitas rendah yang berfokus pada gerakan lambat dan luas serta menyerupai berbagai bentuk peregangan. Program lima menit ini dapat dilakukan di rumah, sekolah, tempat kerja, atau di alam terbuka. Manfaat tambahan lainnya: Latihan ini tidak memerlukan peralatan.

“Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik adalah dengan mengangkat tangan di atas kepala lalu menurunkannya dengan gerakan memutar,” tulis García dan Miralles. "Ini mungkin terlihat biasa saja, namun dalam kehidupan modern, kita bisa menghabiskan waktu berhari-hari tanpa mengangkat tangan ke atas telinga."

Bagi masyarakat Okinawa, radio taiso juga merupakan bentuk sosialisasi dan pembangunan komunitas karena dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan pada usia berapa pun.

“Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk melakukan latihan tersebut, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka,” kata para penulis.

Beberapa gerakan radio taiso bahkan dapat diselesaikan dalam waktu tiga menit atau kurang, jadi berapa pun usia, jadwal, atau tingkat aktivitas fisik Anda, selalu ada manfaat melakukan gerakan ini untuk semua orang.

Baca juga: 6 Rahasia Panjang Umur yang Harus Kita Ketahui

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com