Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2024, 13:57 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Olahraga adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Namun meskipun sebagian besar dari kita mengetahui hal ini, masih sulit untuk menjadikannya sebagai prioritas. 

Jika itu terjadi padamu, kamu tidak sendirian —bahkan, bahkan seorang dokter jantung yang berspesialisasi dalam pengurangan stres pun mengatakan bahwa ia berjuang untuk bisa rutin berolahraga.

“Saat tumbuh dewasa, saya atletis tetapi tidak memperhatikan aspek lain dari kesehatan saya,” kata Joseph A. Craft III, MD, ahli jantung dan peneliti stres di Pusat Kesehatan Jantung di St. Louis, MO. 

“Kemudian selama kuliah kedokteran dan residensi, saya berhenti berolahraga dan hanya makan apa saja yang ada. Stres saya meningkat dan kesehatan saya menurun. Saya terus mengatakan pada diri sendiri bahwa begitu saya punya waktu, saya akan berolahraga lebih teratur, mengurangi stres, tidur lebih nyenyak, dll. Namun entah bagaimana, hal itu tidak pernah terwujud.”

Akhirnya, ketika dia merasa lebih stres dari sebelumnya, Dr. Craft mendapatkan terobosan pribadi saat dia menasihati seorang pasien yang mengaku tidak punya waktu untuk berolahraga, meski menderita penyakit jantung parah yang disebabkan oleh stres dan hidup tidak sehat.

“Sudah waktunya untuk mengikuti nasihat saya sendiri,” dokter jantung ini tertawa. “Saya memutuskan untuk melakukan program yang sama persis dengan yang saya rekomendasikan kepada pasien saya, dengan fokus pada olahraga, manajemen stres, nutrisi, dan dukungan emosional.”

Dr Craft mengatakan dia terkejut melihat kemajuan yang hampir seketika. “Stres saya menurun drastis, saya memiliki lebih banyak energi, dan saya merasa lebih bahagia,” katanya.

Baca juga: Cara Utama untuk Mengurangi Kecemasan, Apa yang Bisa Dilakukan?

Bagaimana olahraga mengurangi stres?

Pada akhirnya, kata Dr. Craft, jenis gerakan apa pun akan bermanfaat —tetapi ada beberapa latihan yang lebih berhasil daripada yang lain. Inilah yang menurutnya harus kita perhatikan dalam olahraga penghilang stres dan meningkatkan suasana hati:

  • Pilih aktivitas yang benar-benar kamu nikmati. Memaksa diri melakukan sesuatu yang dibenci justru bisa meningkatkan stres.
  • Melibatkan kardio. Kita tidak harus melakukan latihan kardio secara langsung, tetapi meningkatkan detak jantung akan membuat endorfin —bahan kimia yang membuat kita merasa nyaman— membanjiri otak.
  • Cari yang bersifat meditatif. “Meditasi bergerak” memungkinkan kita berolahraga, sambil tetap memproses pikiran dan perasaan.
  • Sebisa mungkin kolaboratif. Hubungan yang kuat dengan orang lain adalah cara ampuh lainnya untuk mengurangi stres dan meningkatkan semangat, sehingga olahraga yang memungkinkan Anda bergaul dengan orang lain adalah pilihan terbaik.
  • Jaga agar bisa melakukannya rutin. Mampu menjadwalkan dan melakukan latihan, membuat Anda memiliki kebiasaan teratur dan otak akan mulai mengantisipasi latihan tersebut

Baca juga: Orang Berumur Panjang di Dunia Melakukan Olahraga Mudah 5 Menit Saja

9 Latihan terbaik untuk membangkitkan semangat

Menurut Dr. Craft dan pelatih selebriti Harley Pasternak, M.SC., ada beberapa latihan yang dianggap terbaik untuk meningkatkan suasana hati dan dengan sendirinya menurunkan kadar stres. Apa saja?

Berjalan kaki 15 menit di luar ruangan

Ini yang terjadi pada tubuh saat jalan kaki setiap hari.Freepik.com Ini yang terjadi pada tubuh saat jalan kaki setiap hari.
“Percaya atau tidak, saya memberi tahu klien saya bahwa berjalan kaki mungkin merupakan olahraga yang lebih bermanfaat daripada berlari,” kata Pasternak. 

Ia menjelaskan bahwa melakukan latihan kardio yang terlalu intens dapat meningkatkan stres, sedangkan berjalan kaki, sebaliknya, tidak membuat kita untuk memaksakan diri hingga kapasitas maksimal.

“Selain itu,” tambahnya, “Kita tidak perlu berganti pakaian atau menentukan waktu tertentu dalam sehari untuk melakukannya. Kita bisa melakukannya sepanjang hari.”

Kenakan sepasang sepatu berjalan kaki dan berjalanlah di trotoar, di taman, sekitar perumahan, atau bahkan di mal.

Yoga

Salah satu rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan adalah olahraga yoga.Unsplash Salah satu rekomendasi olahraga di pagi hari sebelum sarapan adalah olahraga yoga.
Latihan ini menggabungkan peregangan, pernapasan dalam, dan gerakan mengalir—semuanya dapat memberikan dampak lembut namun kuat pada stres dan suasana hati. 

“Inilah definisi meditasi bergerak,” kata Dr. Craft, yang menambahkan bahwa dia berlatih yoga secara teratur sebagai bagian dari rencana pengurangan stresnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com