Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 7 Cara Bedakan Tas Gucci Asli dan Palsu

Kompas.com - 03/07/2024, 19:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mengetahui cara membedakan tas Gucci asli dan palsu menjadi langkah awal yang penting jika kamu ingin mengoleksi barang mewah ini.

Ada alasan mengapa harga tas Gucci begitu tinggi. Selain karena merek, tas-tas mewah seperti Gucci dibuat menggunakan material berkualitas tinggi, dirancang secara teliti dengan keahlian spesial, hingga punya gaya yang tak lekang dimakan waktu.

Sayangnya, Gucci menjadi salah satu merek yang tasnya juga banyak dipalsukan. Bagaimana cara memebedakan tas Gucci asli dan palsu? Simak ulasan berikut.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Tas Mewah KW, Jangan Tertipu

Cara memebedakan tas Gucci asli dan palsu

1. Cek nomor seri

Menurut Real Authentificaion, situs jasa pemeriksa barang mewah, nomor seri adalah salah satu hal terpenting dan tercepat untuk diperiksa jika ingin mengetahui tas Gucci yang akan kita beli asli atau palsu.

Mayoritas tas tangan Gucci memiliki tag kulit yang ada di jahitan dalam. Nomor seri ini menyematkan logo sebagai elemen kunci untuk mengenali tas Gucci palsu.

Lebih jauh, menurut situs e-commerce barang mewah 1st Dibs, nomor seri ini biasanya terdiri dari dua seri angka, dengan total 10-13 angka. Kedua seri umumnya diposisikan satu di atas yang lain, meskipun ada pula yang muncul dalam satu baris.

Rangkaian angka pertama adalah nomor gaya dan yang kedua adalah kode pemasok.

Baca juga: 9 Cara Mengenali Tas Louis Vuitton Asli, Cek Logo hingga Jahitan

Kamu bisa coba mencarinya di internet. Jika hasil yang muncul adalah tas varian lain, maka bisa jadi tas yang akan kamu beli itu palsu.

Karena nomor seri itu tertera pada bagian belakang label kulit, jadi jika label tersebut dijahit pada lapisan di keempat sisinya, berarti tas tersebut palsu.

Selain itu, karena nomor seri dicap panas ke dalam kulit, maka kualitasnya dapat terlihat.

Seperti halnya label, jika capnya tidak rata, tidak rapi atau sulit dibaca, saatnya kamu pertimbangkan kembali apakah akan membeli atau tidak.

2. Periksa kualitas logo

Logo Gucci adalah salah satu logo terpopuler di dunia fesyen dan sangat mudah dikenali.

Seringkali, logo ini bisa menjadi tanda untuk mengenali apakah tas Gucci yang akan kita beli asli atau palsu.

Logo "GG" yang digunakan sejak 1992 hingga 2019, misalnya,  memiliki ciri khas dua inisial tersebut saling bertautan dalam desain melingkar. Pada desain tas asli, inisial tersebut akan terlihat simetris.

Namun, pada 2019, Gucci mengubah logonya sehingga menjadi dua huruf GG yang menghadap ke kanan dan saling tumpang tindih.

Ilustrasi tas Gucci.UNSPLASH/KORIE CULL Ilustrasi tas Gucci.

Lalu, ada pula garis-garis hijau-merah yang dibentangkan secara vertikal di bagian tengah tas Gucci.

Ini merupakan logo klasik lainnya dari detail mata kuda Gucci.

Garis-garis ini adalah garis yang otentik. Sehingga, apapun corak yang digunakan, warnanya harus sesuai dengan warna Gucci, serta garis-garisnya tidak boleh bergelombang.

Lalu, ada motif monogram Gucci, yang terdiri dari huruf G saling berhadapan, yang masih bisa ditemukan pada tas tangan Monogram kontemporer, serta aksesori dan potongan dari koleksi Gucci.

Baca juga: Ramai soal Penggunaan Tas Backpack, Dokter: Yang Penting Latihan Otot

Pola cetaknya harus simetris sempurna di seluruh tas, bahkan sekalipun disela oleh ritsleting, tutup atau saku. Ketidaksejajaran atau jarak yang tidak teratur menandakan bahwa tas tersebut palsu.

3. Teliti jahitannya

Tas Gucci asli memiliki jahitan yang sempurna. Benang yang digunakan terkadang memiliki warna yang sama dengan tas.

Jika kita melihat ada ketidakrataan pada jahitan, patah, atau celah dan robek pada benang, kemungkinan besar tas tersebut palsu.

4. Cek bagian luarnya

Bagian luar yang tampak murah juga bisa menjadi penanda barang ini asli atau palsu.

Bagian luar Gucci asli terbuat dari logam padat yang kokoh, dengan sebagian besar bagiannya, termasuk kancing dan ritsleting, diukir dengan rapi bertuliskan "GUCCI."

Ritsleting, gesper, dan kunci semuanya harus sesuai dengan warna dan kualitas logam yang digunakan. Jika tidak cocok, maka ada kemungkinan tas itu palsu.

Selain itu, bagian luar palsu mungkin juga terkelupas atau berkarat.

Untuk itu, para pemulih sangat berhati-hati dengan bagian luar Gucci asli.

"Kita tidak akan mau memasang perangkat keras Gucci asli pada tas palsu," ujar Anthony Rago dari Rago Brothers Shoe and Leather Repair.

Baca juga: Pernah Dipakai Member WINNER, Tas Transparan Karya Merek Lokal Ini Laris Manis

Sementara untuk ritsletingnya, harus beroperasi dengan lancar ketika ditarik dan memiliki ukiran "GUCCI". Sementara ritsleting tas palsu mungkin tidak menampilkan logo itu, macet, atau butuh upaya keras untuk menggesernya.

Periksa pula kuncinya, baik kunci puntir maupun piston. Pastikan logamnya bermutu tinggi dengan hasil akhir yang konsisten.

Carilah logo yang tajam dan jelas, dengan jarak huruf yang sama. Kunci pada tas Gucci asli dibuat dengan tingkat presisi yang tinggi, serta harus dapat menutup dan membuka dengan mulus.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com