Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengungkap Rahasia di Balik Umur Panjang Penduduk Zona Biru

Kompas.com - 09/09/2023, 13:13 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Zona Biru merupakan istilah untuk menggambarkan kawasan di dunia yang rata-rata penduduknya memiliki umur panjang.

Bahkan tidak cuma panjang umur, tetapi rata-rata dari penduduknya memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik serta harapan hidup di atas rata-rata masyarakat secara umum.

Saat ini, ada lima kawasan di dunia yang disebut Zona Biru, seperti Sardinia - Italia, Nicoya - Kosta Rika, Ikaria - Yunani, Okinawa - Jepang hingga Loma Linda di Amerika Serikat.

Baca juga: 5 Manfaat Diet Zona Biru, Kurangi Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung 

Rahasia di balik umur panjang penduduk Zona Biru

Ilustrasi diet Zona BiruUnsplash Ilustrasi diet Zona Biru

Ada beberapa rahasia dan faktor yang membuat kebanyakan penduduk di Zona Biru memiliki umur panjang.

Sebagian besar di antaranya mereka memiliki pedoman hidup yang melibatkan perpaduan antara gaya hidup aktif, pola makan, ikatan kebersamaan hingga punya tujuan hidup yang kuat.

Melansir laman Ny Post, berikut rahasia umur panjang masyarakat di Zona Biru.

1. Sardinia, Italia

Rahasia dari umur panjang orang-orang Sardinia secara umum adalah menerapkan pola makan klasik, perpaduan yang sehat dan berasal dari alam.

Misalnya, masyarakat di sana kerap mengonsumsi roti gandum utuh, kacang-kacangan hingga sayuran dan buah segar dari kebun sendiri.

Tak hanya itu, penduduk di Sardinia juga mengonsumsi keju pecorino yang terbuat dari susu domba yang diberi pakan rumput alami.

Keju ini dinilai memiliki profil nutrisi tinggi karena kaya akan asam lemak omega-3.

Mereka juga menyukai susu kambing yang mengandung sejumlah nutrisi yang terkait antiinflamasi yang bermanfaat dalam mencegah penyakit degeneratif yang dipengaruhi usia.

Orang-orang di Sardinia juga memiliki ikatan keluarga yang kuat dan memastikan seluruh anggota keluarga mendapatkan perhatian, dukungan finansial dan kasih sayang yang cukup.

Penelitan menunjukkan, mereka yang tinggal di lingkungan dan pola asuh ikatan keluarga yang kuat menunjukkan kesehatan mental dan kepuasan hidup yang lebih baik.

Melihat kondisi geografis kawasan Sardinia yang banyak dipenuhi pegunungan atau bukit-bukit tinggi, sebagian masyarakatnya juga terbiasa berjalan kaki hingga menempuh jarak 8 Km sehari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com