Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Resep Panjang Umur yang "Santai dan Menyenangkan" dari Zona Biru

Kompas.com - 05/09/2023, 07:23 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Apakah setiap nasihat kesehatan yang kamu dapatkan selalu bermuara pada salah satu dari dua hal ini, yakni diet dan olahraga?

Atau, setiap kali kamu mengunjungi dokter, mereka memberi "pidato" yang sama tentang kebiasaan gaya hidup sehat yang pada dasarnya hanya "makan dengan baik" dan "lebih banyak bergerak"?

Tentu saja, kebugaran dan nutrisi pada dasarnya adalah dua hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk tubuh. Hal ini tidak perlu dipersoalkan lagi.

Tapi ada hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan juga -dan beberapa di antaranya sangat menyenangkan.

Mari kita tengok komunitas di Zona Biru-wilayah di mana orang-orang hidup paling lama dan paling sehat.

Baca juga: 4 Kiat Umur Panjang Tanpa Butuh Banyak Uang Ala Penduduk Zona Biru

Sebagian besar orang yang hidup di usia 90-an dan seterusnya di area ini tidak mengikuti diet terbaru atau berlari di atas treadmill di studio bootcamp.

Mereka menjalani gaya hidup yang menyeluruh yang menekankan pada kesenangan dan kegembiraan.

"Bahkan jika kamu tidak tinggal di Zona Biru, menerapkan prinsip-prinsip ini dapat memberikan dampak yang besar pada kesehatan dan umur panjang."

Demikian kata Joy Stephenson-Laws, JD, pendiri lembaga nirlaba pendidikan kesehatan Proactive Health Labs yang terkenal.

Ia mengatakan, kita semua dapat belajar dari kebiasaan Zona Biru ini, dan menerapkannya dalam keseharian.

"Dengan melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana namun signifikan, siapa pun bisa mengikuti jalan menuju hidup yang lebih sehat dan berpotensi hidup lebih lama," kata dia.

Berikut adalah empat kebiasaan gaya hidup sehat yang terinspirasi dari Zona Biru untuk umur panjang yang tidak terasa seperti tugas.

Baca juga: 7 Makanan Tinggi Serat Pilihan Penduduk Zona Biru agar Panjang Umur

1. Santai saja

"Turunkan kecepatan," saran Stephenson-Laws. "Kelola stres secara efektif, karena stres kronis dapat menyebabkan peradangan dan berbagai penyakit kronis."

Tak satu pun dari area Zona Biru yang berada di kota metropolitan besar-dan mungkin ada korelasi antara kecepatan hidup dan kesehatan.

Mungkin ini adalah sedikit kondisi pikiran "kehidupan pulau".

Selain Loma Linda (pinggiran kota California, sebelah timur Los Angeles) dan Kosta Rika, tiga Zona Biru lainnya berada di pulau-pulau yang sebenarnya: Okinawa, Sardinia, Ikaria, semuanya dikelilingi oleh air, terpisah dari hiruk pikuk.

Ini bukan berarti kamu akan celaka jika tinggal di kota, tetapi lebih untuk menunjukkan, kehidupan yang lebih lambat dapat berkontribusi pada kesehatan.

Bagaimana kamu bisa melambat? Mungkin ada beberapa komitmen yang bisa kita katakan "tidak", atau cara untuk membuat waktu istirahat lebih banyak dalam hari-hari kita.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com