Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kebiasaan Masyarakat di Zona Biru, Terbukti Jadi Kunci Umur Panjang

Kompas.com - 24/08/2023, 10:50 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar masyarakat di Zona Biru terkenal akan penduduk yang memiliki umur panjang hingga mencapai 90 tahun bahkan melewati 100 tahun.

Zona biru adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kawasan di berbagai belahan dunia yang memiliki tingkat harapan hidup lebih tinggi dari rata-rata masyarakat secara global.

Saat ini, ada lima Zona Biru yang diakui dunia dan dua di antaranya berasal dari kawasan Mediterania, seperti Okinawa- Jepang, Nicoya - Kosta Rika, Ikaria - Yunani, Loma Linda - California hingga Sardinia - Italia.

Meski umur panjang merupakan kombinasi dari banyak faktor, namun setidaknya mereka punya kebiasaan sehari-hari yang dapat menunjang dan membuat mereka memiliki umur panjang.

Baca juga: Riset Ungkap, 5 Makanan untuk Mencapai Umur Panjang 

Kebiasaan sehat masyarakat di zona biru untuk miliki umur panjang

Menurut banyak ilmuwan, rahasia umur panjang masyarakat di Zona Biru tak lepas dari kebiasaan sehari-hari yang mereka lakukan.

Bahkan tidak cuma memiliki umur panjang, kebiasaan sehat itu pun berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Berikut sejumlah kebiasaan masyarakat di Zona Biru yang terbukti jadi kunci umur panjang seperti dilansir dari laman Eating Well.

1. Mengonsumsi makanan utuh yang ada di sekitarnya

Penduduk yang tinggal di Okinawa, Jepang mengadopsi kebiasaan makan untuk mengonsumsi makanan dari lingkungan sekitarnya.

Konsep pola makan itu disebut "Hara hachi bu" yang mana berbagai sumber makanan bergizi di dapat dari lingkungannya dan menikmati makanan dan camilan hingga perut mereka kenyang 80 persen.

"Hampir semua makanan yang dikonsumsi warga di zona biru tumbuh dan didapatkan dari radius 10 mil dari rumah mereka," kata Margaret Fruhbauer, D.O., dokter penyakit dalam berlisensi di Northwest Community Healthcare, Buffalo Grove, Illinois.

Berbagai makanan yang dikonsumsi itu pun meliputi banyak makanan utuh seperti kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, buah dan sayuran.

Menurut meta-analisis pada Februari 2022 yang diterbitkan di jurnal PLOS Medicine, sejumlah makanan sehat itu berkontribusi pada peningkatan harapan hidup di masyarakat zona biru 10 hingga 20 tahun ke depan.

2. Membatasi asupan gula tambahan

Orang-orang yang tinggal di Zona Biru mengonsumsi gula bukan karena kebiasaan atau tidak sengaja.

Mereka punya kecenderungan untuk menghindari "gula tersembunyi" dari makanan atau minuman, dan terbiasa mengonsumsi gula alami.

"Mereka mengonsumsi gula alami dalam jumlah yang hampir sama dengan takaran tidak lebih dari 7 sendok teh gula dalam sehari," jelas Dan Buettner, penulis "The Blue Zones American Kitchen".

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com