Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Sore Hari di Zona Biru demi Sehat dan Panjang Umur

Kompas.com - 27/07/2023, 18:17 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Ketika kita memertimbangkan praktik-praktik yang berkontribusi pada umur panjang, pikiran kita mungkin langsung tertuju pada Zona Biru.

Ya, Zona Biru yaitu lima wilayah di dunia, di mana orang-orang dengan umur terpanjang tinggal.

Kelima wilayah itu adalah Nicoya di Kosta Rika; Loma Linda di California; Ikaria di Yunani, Okinawa di Jepang; dan Sardinia di Italia.

Kita telah mempelajari bagaimana orang-orang di belahan dunia ini menjalani pagi dan malam hari mereka.

Nah, mari kita pelajari lebih dalam untuk mengetahui bagaimana kita bisa memanfaatkan sore hari, waktu di mana banyak orang yang paling membutuhkan istirahat di sela-sela pekerjaan dan tugas-tugas lainnya.

Baca juga: 7 Makanan di Zona Biru yang Terbukti Bikin Panjang Umur

Di bawah ini, kita akan menemukan wawasan dari para ahli tentang lima kebiasaan sore hari yang sehat yang umum dilakukan orang-orang di Zona Biru.

Melakukan salah satu atau semua aktivitas harian ini dapat membantu kita mengatasi kemerosotan, dan bahkan membuka peluang untuk mendapat umur yang panjang.

Bagaimana orang-orang di Zona Biru menjalani sore hari

Bagi banyak orang, sore hari merupakan bagian dari hari kerja dan biasanya didedikasikan untuk menyelesaikan sebanyak mungkin daftar tugas.

Namun, menurut penulis, jurnalis, dan peneliti umur panjang, Dan Buettner, pendekatan umum terhadap sore hari jauh berbeda di Zona Biru.

Kehidupan orang-orang di Zona Biru tidak berorientasi pada penyelesaian pekerjaan sebanyak mungkin, di sore hari. "Produktivitas bukanlah prioritas-tujuannya," kata Buettner.

Cara orang-orang di Zona Biru menyikapi hari hampir sama dengan cara mereka menyikapi sisa waktu mereka.

Orang-orang di Zona Biru mengintegrasikan makanan sehat, hubungan sosial, dan gerakan alami.

Meskipun setiap wilayah Zona Biru memiliki adat istiadat dan kebiasaan siang hari yang sehat, mereka semua melakukan gaya hidup rendah stres, yang merupakan kunci untuk umur panjang, sekaligus kesejahteraan diri dalam jangka pendek.

Secara khusus, aktivitas siang hari yang umum dilakukan di setiap Zona Biru berkisar pada sembilan elemen dasar yang terkait dengan gaya hidup Zona Biru.

Demikian penjelasan dari Robert Agnello, DO, asisten profesor kedokteran keluarga di Campbell University, yang mendalami soal kehidupan di Zona Biru.

Artinya, kebiasaan sore hari yang sehat di Zona Biru cenderung melibatkan beberapa versi bergerak secara alami, memiliki tujuan, mengurangi aktivitas, dan makan makanan kecil.

Lalu, mereka juga memprioritaskan makanan nabati, menikmati segelas anggur, melakukan aktivitas yang meningkatkan rasa memiliki, bergaul dengan keluarga, dan bersosialisasi dengan tetangga atau teman.

Baca juga: Simak, Rahasia Komunitas Zona Biru untuk Turunkan Berat Badan

5 kebiasaan sore hari yang sehat untuk umur panjang

1. Prioritaskan tujuan, bukan produktivitas

Tidak seperti masyarakat pada umumnya, orang-orang di Zona Biru mengorientasikan hari-hari mereka untuk mencapai tujuan.

Bukan tujuan jangka pendek yang didedikasikan untuk menyelesaikan sebanyak mungkin hal.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com