Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kiat Umur Panjang Tanpa Butuh Banyak Uang Ala Penduduk Zona Biru

Kompas.com - 04/09/2023, 19:48 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki umur panjang ternyata bisa dilakukan dengan cara-cara yang sederhana tanpa memerlukan biaya mahal.

Hal tersebut diungkap oleh Dan Buettner, seorang penulis dan peneliti Zona Biru, wilayah di mana penduduknya memiliki tingkat hidup yang tinggi hingga mencapai usia 100-an.

"Saya menemukan sebagian besar dari apa yang orang pikir dapat membuat mereka panjang umur dan hidup sehat ternyata salah kaprah atau salah besar," ujar Buettner.

Baca juga: Singapura Disebut Jadi Zona Biru Baru di Dunia, Apa Dasarnya?

"Banyak orang menghabiskan untuk program diet, keanggotaan gym, dan suplemen, tapi itu jelas tidak efektif," terangnya.

Alih-alih vitamin yang mahal atau studio kebugaran yang mewah, berfokus pada kebiasaan sehat yang sederhana seperti berjalan kaki setiap hari, bersosialisasi, dan mengonsumsi makanan sehat adalah kunci utama umur panjang.

Kiat-kiat umur panjang ala penduduk Zona Biru

Dilansir dari laman Insider, berikut sejumlah kiat memiliki umur panjang ala penduduk Zona Biru yang bisa dicoba.

1. Minum teh herbal

Meskipun secara umum teh hijau atau kopi baik untuk kesehatan, namun minuman yang lebih sederhana untuk meningkatkan kesehatan tersedia dalam bentuk teh herbal sederhana.

Di Ikaria dan Yunani, Buettner menemukan penduduknya menikmati teh herbal yang terbuat dari tanaman herbal sehari-hari seperti sage, rosemary, atau tanaman yang mudah tumbuh seperti mallow.

Menurut Penn Medicine tanaman yang digunakan dalam teh herbal juga sering kali mengandung antioksidan, senyawa antiinflamasi, serta mikronutrien lain yang dapat membantu meningkatkan pencernaan, tekanan darah, dan kadar kolesterol.

Kita bisa menanam banyak tanaman herbal untuk membuat teh sendiri, baik di halaman belakang rumah atau kebun kecil, atau bahkan di pot-pot dalam ruangan yang sederhana.

2. Makan kacang-kacangan

Penduduk Zona Biru tampaknya sangat menyukai makan banyak karbohidrat, termasuk biji-bijian dan sayuran bertepung seperti ubi jalar.

"Namun, jika berbicara tentang makanan yang mudah didapat dengan kandungan nutrisi yang besar, kacang-kacangan hampir sama dengan superfood," kata Buettner.

Baca juga: 5 Superfood untuk Tingkatkan Fungsi Otak dan Kesehatan Mental

Kacang-kacangan juga menyediakan serat dalam jumlah yang sehat, yang penting untuk pencernaan yang sehat, gula darah yang stabil, serta mencegah kanker usus besar.

Kacang-kacangan merupakan makanan pokok dalam diet tradisional Mediterania di wilayah Zona Biru seperti Yunani dan Italia.

Sementara itu, di daerah Zona Biru lainnya seperti Kosta Rika, kacang-kacangan sering ditanam dan dimakan bersama jagung dan labu untuk membuat sumber protein lengkap dengan semua asam amino esensial.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com