Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Durasi Menggendong Bayi Pakai Baby Carrier?

Kompas.com - 30/06/2024, 20:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBaby carrier dianggap sebagai alat yang lebih efektif untuk membantu orangtua menggendong anaknya ke mana-mana, terutama jika dibandingkan dengan stroller.

Selain praktis, baby carrier juga relatif tak makan tempat, terutama ketika sedang mengajak sang buah hati jalan-jalan ke tempat yang ramai.

Namun, berapa lama sebetulnya durasi bayi boleh dan bisa digendong menggunakan baby carrier?

“Kalau menggendong bayi dengan posisi menghadap ke kita, durasinya ya sekuat yang menggendong,” terang Konsultan Baby Wearing di Nanababycarrier, Belva Rosmarthsida, dalam pameran Mommy N Me di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (28/6/2024).

Baca juga:

Kendati demikian, ada saja orangtua yang senang menggendong anak-anaknya menghadap ke depan. Alasannya agar mereka bisa menengok ke kanan dan ke kiri dengan lebih leluasa.

Kendati demikian, ketika bayi digendong menghadap ke depan, sebaiknya durasinya tidak lebih dari 15 menit.

“Kalau lebih dari 15 menit, anak bisa overstimulasi, bisa rewel. Kita saja yang dewasa, kalau terlalu banyak menerima informasi bisa sakit kepala,” tutur Belva.

Secara umum, memang tidak ada batasan pasti mengenai durasi menggendong bayi dengan baby carrier, baik jika posisi bayi diletakkan di bagian depan maupun belakang.

Namun, ketika menggendong bayi di belakang, perhatikan usia bayinya. Sebagai contoh, bayi yang baru lahir belum bisa duduk mandiri, sehingga tidak dianjurkan digendong pada posisi tersebut.

Baca juga:

Umumnya, bayi baru bisa duduk tanpa penyangga saat menginjak usia enam atau tujuh bulan. Pada usia tersebut, bayi baru bisa digendong dengan posisi baby carrier di belakang tubuh orangtua.

“Kalau sudah bisa duduk mandiri kan otot-ototnya jauh lebih kuat, jadi kita tidak terlalu khawatir. Kalau baru lahir masih beradaptasi dan belajar mengontrol leher,” terang Belva.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com