Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Pemilihan Popok yang Tepat dan Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Jadi Kunci untuk Kesehatan Bayi Optimal

Kompas.com - 29/06/2024, 10:39 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Perusahaan penyedia produk daily dan personal care PT Multi Medika Internasional Tbk (MMI) mengampanyekan kesadaran tentang pentingnya stimulasi tumbuh kembang motorik bayi dan pemilihan popok yang tepat.

Kampanye tersebut diharapkan dapat membantu orangtua dalam memberikan perawatan terbaik bagi bayi mereka.

Perlu diketahui, perkembangan motorik adalah aspek penting dari tumbuh kembang bayi. Hal ini mencakup kemampuan untuk bergerak dan mengontrol gerakan tubuh.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti Popok Bayi?

Penelitian yang dilakukan oleh New York University dalam Go Naked: Diapers Affect Infant Walking disimpulkan bahwa popok yang tidak tepat dapat menimbulkan gangguan di antara kaki sehingga membuat anak sulit berjalan.

Popok dapat memengaruhi pergerakan kaki, keseimbangan, dan posisi anak saat belajar berjalan.

Popok yang tidak tepat juga dapat menghambat gerakan seorang anak berjalan karena menghasilkan “bulk” di antara kedua tungkai bawah yang menyebabkan anak kesulitan mengatur keseimbangan dan semakin memperberat wide stance (pijakan yang lebar) pada anak yang sedang belajar jalan.

Baca juga: Beli Popok Bayi, Jangan Paksakan Ukuran yang Tak Pas

Untuk itu, mengganti popok secara berkala di samping pemilihan produk popok yang tepat adalah kunci utama sehingga tidak membatasi gerak pinggul dan lutut anak.

Dalam kampanye tersebut, MMI mengadakan sejumlah kegiatan edukasi mengenai motorik bayi dengan merangkul sejumlah expert di bidang kesehatan anak. Antara lain IG Live bersama dokter spesialis anak, dan workshop edukasi mengenai stimulasi tumbuh kembang anak.

Memilih popok

Selain stimulasi, pemilihan popok yang sesuai juga berperan penting dalam mendukung kenyamanan dan kesehatan bayi.

Popok yang baik harus memberikan kenyamanan maksimal, memiliki daya serap tinggi, dan bebas dari bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

"Popok yang nyaman sangat penting bagi kesehatan dan kenyamanan bayi. Popok kami dirancang dengan teknologi terbaru, yakni teknologi Triple Core SAP untuk memastikan bayi tetap kering dan nyaman sepanjang hari, mendukung mereka untuk bergerak bebas dan aktif," ujar CEO MMI Mengky Mangarek dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/6/2024).

Ia menjelaskan bahwa produk popok terbaru dari MMI dibuat dengan bahan lembut dan ramah kulit, serta memiliki daya serap tinggi untuk mencegah kebocoran.

Selain itu, produk juga tersedia dalam berbagai ukuran untuk memastikan kecocokan yang tepat sesuai dengan pertumbuhan bayi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com