Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Sepatu untuk Kaki Rata, Apa yang Harus Diperhatikan?

Kompas.com - 27/06/2024, 15:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Menemukan sepatu yang tepat dengan bentuk kaki, kesesuaian, struktur, dan arch support atau penyangga lengkungan yang optimal dapat membantu kita menghindari rasa sakit dan menurunkan risiko cedera saat beraktivitas. 

Karenanya, saat mencari sepatu, pastikan strukturnya sesuai dengan bentuk kakimu. Terutama jika kamu memiliki kaki rata, memilih sepatu yang tepat adalah hal yang sangat penting. Dalam hal ini, kamu beruntung karena sudah banyak brand sepatu yang menyediakan alas kaki untuk kaki rata. 

Baca juga: Memilih Sepatu yang Tepat untuk Jalan Kaki

Penyebab kaki rata

Umumnya, kaki rata bersifat genetik atau diturunkan, artinya seseorang dilahirkan dengan kaki datar karena gen orang tuanya.

Namun, John Felidi, DPM, ahli penyakit kaki di Scarsdale Medical Group dan White Plains Hospital Physician Associates, menunjukkan bahwa kaki rata juga dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk cedera, penuaan, dan kehamilan. 

“Faktor risiko atau penyebab lainnya termasuk obesitas, diabetes, dan rheumatoid arthritis, dan masih banyak lagi,” kata Felidi kepada Best Life.

Lori Grant, DPM, seorang ahli bedah kaki dan pergelangan kaki, menambahkan bahwa masalah arthritis dan tendon juga merupakan penyebab umum kaki rata.

Overpronasi, perubahan telapak yang sering kali disebabkan oleh kaki yang agak rata, juga dapat mendorong kondisi tersebut dengan menyebabkan kaki menjadi semakin rata seiring berjalannya waktu.

Ilustrasi telapak kaki ratamokee81 Ilustrasi telapak kaki rata

Apakah ada berbagai jenis kaki rata?

Ada dua jenis kaki datar: Fleksibel dan kaku.

“Fleksibel berarti kamu memiliki lengkungan di bawah kaki yang tampak normal saat duduk, tetapi saat berdiri, lengkungan kaki tersebut mengecil dan telapak kaki menjadi rata. Kaku berarti kaki selalu rata,” jelas Grant.

Untuk menentukan tipe yang kamu miliki, kamu dapat mencoba menahan beban pada kaki untuk melihat responsnya. Namun, mengunjungi dokter olahraga untuk pemeriksaan profesional adalah cara terbaik untuk menentukan apakah kamu memiliki kaki rata dan apa jenisnya.

Baca juga: Kenali Tipe Telapak Kaki Sebelum Memilih Sepatu

Ilustrasi kaki rata Ilustrasi kaki rata

Bagaimana kaki rata mempengaruhi kesehatan

Memiliki kaki rata dapat memengaruhi kaki itu sendiri, juga tungkai, pinggul, dan punggung. Kaki rata dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kelainan bentuk jari kaki seperti bunion dan hammertoes. 

"Kondisi ini dapat memengaruhi tendon dan ligamen di kaki dan pergelangan kaki kita, menyebabkan keseleo, ketidakstabilan, plantar fasciitis, dan tendonitis, serta dapat menyebabkan penyakit akut dan nyeri kronis di kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pinggul,” kata Felidi.

Salah satu alasannya adalah karena kaki rata memengaruhi gaya atau cara berjalan kita.

“Kaki adalah fondasi tubuh, jadi ketika fondasinya dilepas, hal itu akan mempengaruhi semua yang ada di atasnya. Hal ini menyebabkan lebih banyak tekanan pada bagian dalam kaki dan pergelangan kaki, sehingga menyebabkan lebih banyak tekanan pada lutut, pinggul, dan bagian bawah punggung, sehingga menyebabkan rasa sakit di masing-masing area ini," kata Grant kepada Best Life.

Dia menambahkan bahwa jika kamu memiliki kaki rata, kamu mungkin akan lebih cepat lelah atau mengalami nyeri tumit, shin splints, atau rasa terbakar di bagian bawah kaki saat berdiri atau berjalan terlalu lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com