Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Kompas.com - 28/06/2024, 16:16 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS. com - Kebanyakan orang menurunkan berat badan dengan pola makan yang ketat dan sesi olahraga yang melelahkan. Namun, kita sebenarnya bisa mencapai penurunan berat badan yang signifikan tanpa melakukan diet ketat. 

Perubahan kecil dalam gaya hidup dan kebiasaan kita dapat menyebabkan penurunan berat badan yang besar dan berkelanjutan. 

Berikut 10 tip untuk membantu kita menurunkan berat badan berlebih dengan mudah.

1. ?Minum air penting untuk menurunkan berat badan

Minum air putih, terutama sebelum makan, bisa berperan penting dalam penurunan berat badan. Penelitian dari University of Birmingham menunjukkan bahwa minum 500 ml air 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan. 

Air dapat membantu kita merasa kenyang, sehingga mengurangi porsi makanan kita secara keseluruhan. Tetap terhidrasi juga membantu menjaga metabolisme dan tingkat energi kita, membuat kita cenderung tidak mengonsumsi minuman manis atau makanan ringan.

Baca juga: Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan? Hindari 10 Kesalahan Ini

2. ?Tambahkan protein ke dalam makanan

Meningkatkan asupan protein dapat berdampak signifikan pada perjalanan penurunan berat badan kita. Protein diketahui dapat meningkatkan metabolisme hingga 80–100 kalori per hari dan mengurangi rasa lapar. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang meningkatkan asupan protein mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan dan nafsu makannya berkurang. 

Menambahkan makanan berprotein tinggi seperti ayam, ikan, udang, telur, dan kacang-kacangan ke dalam makanan dapat membuat kita kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

3. Tidur memengaruhi strategi penurunan berat badan

Tidur malam yang nyenyak lebih dari sekadar istirahat bagi tubuh kita - tidur nyenyak juga penting untuk menurunkan berat badan. 

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengontrol rasa lapar dan nafsu makan, sehingga menyebabkan penambahan berat badan. National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur 7–9 jam per malam untuk orang dewasa. 

Memprioritaskan tidur dapat membantu mengatur metabolisme kita dan mengekang keinginan makan yang tidak sehat.

4. ?Tetap aktif secara fisik sepanjang hari

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dalam rutinitas kita sangat penting untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Kita tidak perlu pergi ke gym; aktivitas seperti berjalan kaki, bersepeda, atau bahkan menari dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme kita. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology menemukan bahwa aktivitas fisik sedang pun dapat mencegah penambahan berat badan dan mendorong penurunan lemak.

Baca juga: 10 Penyebab Paling Umum Orang Sulit Menurunkan Berat Badan

5. Tidak perlu diet: tapi periksa apa yang kamu makan

Makan dengan penuh kesadaran melibatkan perhatian penuh pada pengalaman makan dan menikmati makanan kita tanpa gangguan. Latihan ini dapat membantu kita mengenali kapan kita benar-benar lapar dan kapan kita kenyang, sehingga mencegah makan berlebihan. 

Sebuah studi dari Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang mempraktikkan mindful eating mampu mengurangi asupan kalori dan meningkatkan hubungannya dengan makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com